KEPEMIMPINAN INTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU LAYANAN PENDIDIKAN

Authors

  • Fathurohman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eka Prihatin Universitas Pendidikan Indonesia
  • Johar Permana Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14786

Keywords:

Instructional Leadership, Teacher Performance and Quality of Education Services.

Abstract

Mutu layanan pendidikan merupakan perbandingan antara layanan pendidikan yang dirasakan pelanggan dengan mutu layanan pendidikan yang diharapkan pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kepemimpinan intruksional dan kinerja guru terhadap mutu layanan pendidikan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Se-Kab Garut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan intruksional kepala terhadap mutu layanan pendidikan di SMA Muhammadiyah Se-Kab Garut dengan nilai rhitung 0,004 dan sig  0,004 < 0,05 serta nilai t hitung 3.021  t table 2,001 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,335 hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan intruksional berpengaruh 33,5% terhadap mutu layanan pendidikan. Kemudian hasil analisis juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kinerja guru terhadap mutu layanan pendidikan hal ini ditunjukkan dengan nilai rhitung sebesar 0,000  0.05 dan nilai t hitung 5.082  t table 2,001 serta nilai koefisien determinasi atau rsquare sebesar 0,683 hal ini menunjukkan bahwa kinerja karyawan berpengaruh 68.3% terhadap mutu layanan pendidikan. nilai F untuk Kepemimpinan Intruksional Kepala Sekolah dan Kinerja guru terhadap Mutu Layanan Pendidikan adalah 0,000  0,05 dan nilai Sig. 34,237  3,150 yang berarti terdapat pengaruh kepemimpinan intruksional dan kinerja guru secara simultan terhadap mutu layanan pendidikan serta nilai koefisien determinasi 0,733 atau sama dengan 73,3 %. Angka tersebut berarti variabel kepemimpinan intruksional dan variabel Kinerja guru secara simultan (bersama-sama) mempengaruhi variabel mutu layanan pendidikan 73,3 % dengan kriteria Kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asf, Jasmani & Syaiful, Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar-. Ruzz.

Bush, T. (2011). Theories of Educational Leadership and Management. 4th.

Danim, Sudarwan. (2007). Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Herliyani, Heni. (2009). Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pada SMP Negeri di Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis. Tesisi Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia Program Studi Administrasi Pendidikan.

Sagala, Syaiful. (2011). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014) Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-15