LEARNING STYLE SISWA BERPRESTASI KELAS 5B DI SEKOLAH DASAR NEGERI SENDANGMULYO 02 KOTA SEMARANG

Authors

  • Ismed Priyaputra Nuryadi universitas pgri semarang
  • Husni Wakhyudin PPG PRAJAB, Universitas PGRI Semarang
  • Arum Rismawati PPG PRAJAB, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14747

Keywords:

Gaya Belajar, Siswa Berprestasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Learning Style Siswa Berprestasi Kelas 5B di Sekolah Dasar Negeri Sendangmulyo 02 Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukan bahwa ketiga siswa kelas 5B memiliki kecenderungan learning style visual dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga siswa berprestasi di kelas 5B Sekolah Dasar Negeri Sendangmulyo 02 Kota Semarang mempunyai learning style visual dan kinestetik. Fasilitas sarana prasarana yang lengkap dari sekolah dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, menjadi faktor yang mempengaruhi gaya belajar dan prestasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, F. R., Pamujo, & Yuwono, P. H. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Siswa Berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, VI, 26- 31.

Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran JUCAMA Ditinjau dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. III, 62-72.

Jaya, I. M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: QUADRANT.

Khoiriyah, M., Sumarwiyah, & Masfuah, S. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Islam Bayt Assalam Pecangaan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, V, 3143-3156.

Magdalena, I. (2021). Psikologi Pendidikan Sekolah Dasar. Sukabumi: CV Jejak.

Nasution, N. (2022). Hakikat Gaya Belajar Audiotori dalam Pandangan Filsafat. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 6(2), 255-270.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.

Silitonga, E. A., & Magdalena, I. (2020). Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang. PENSA, 2(1), 17-22.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: ALFABETA, cv.

Tute, K. J., Suryani, L., & Aje, A. U. (2020). Pengaruh Iklim Kerja dan Kualitas Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar siswa. Jurnal Basicedu, 4(4), 1326-1335.

Wahyuni, Sri., Basri, M., & Nawir, Muh. (2020). Analisis Gaya Belajar Murid Kelas IV di SDN Bette Kabupaten Barru. Education and Human Development Journal, V, 86-90.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan individu dari gaya belajarnya serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 259-265.

Downloads

Published

2024-06-12