KONSEP FITRAH MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14699Abstract
Manusia mempunyai fitrah yang sudah ada sejak lahir. Allah menciptakan manusia sesuai dengan fitrahnya. Namun sifat manusia juga dipengaruhi oleh faktor keluarga dan lingkungannya. Dalam cuplikan Hadis Nabi yang berbunyi “Kullu mauladin yuladu alal fitrah” memiliki makna bahwa manusia diberikan fitrah sejak lahir, namun orang tuanya berpengaruh besar terhadap fitrah anak tersebut. Apabila orang tua dan lingkungan keluarga memberikan pengaruh yang baik terhadap anak, maka fitrah anak akan berkembang positif. Akan tetapi bila orang tua dan keluarga memberikan pengaruh yang kurang baik, maka fitrah anak akan cenderung berkembang ke hal yang negatif. Tujuan ditulisnya artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh orang tua terhadap perkembangan fitrah anak. Artikel ini menjelaskan tentang pengertian fitrah manusia perspektif Pendidikan islam beserta dalil Naqli dan Aqli, hubungan fitrah manusia dengan pendiidkan islam. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan (library research), yaitu pendekatan penelitian yang proses pengumpulan datanya dilakukan dengan cara memahami dan mengkaji semua teori dari literatur-literatur terkait.Downloads
References
Alam, Lukis. “Perspektif Pendidikan Islam Mengenai Fitrah Manusia.” Tarbawi 1 (2015): 41–52.
http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2002.
Anggraini, S. “Pentingnya pendidikan anak usia dini kajian terhadap hadits Kullu mauludin yuladu alal fitrah.” Jurnal Golden Age 6, no. 02 (2022): 553–57. http://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/6789%0Ahttp://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/6789/3086.
Anwar, Aep Saepul. “Konseptualisasi Fitrah Manusia Implikasinya Terhadap Proses Pendidikan Islam.” Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam; Vol 3 No 01 (2016): June 2016, 2017, 1–12. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/geneologi/article/view/223.
Anwar, Aep Saepul, Aep Saepul, dan Anwar Abstrak. “KONDEPTUALISASI FITRAH MANUSIA KONSEPTUALISASI FITRAH MANUSIA IMPLIKASINYA TERHADAP PROSES PENDIDIKAN
ISLAM (Kajian Ontologi Pendidikan Islam),” n.d.
Ashshiddiqi, Ali Mahmud. “Telaah Filosofis Fitrah Manusia Dan Ilmu Pengetahuan Dalam Islam:
Karakteristik, Hubungan Organik, Dan Implikasi Kependidikan.” Ta dib : Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 2 (2021): 143–57. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.7895.
Basyit, Abdul. “MEMAHAMI FITRAH MANUSIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN
ISLAM,” n.d.
Fitriyani, Feny Nida. “Quantum Learning Dan Fitrah Manusia Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” JISPE: Journal of Islamic Primary Education 2, no. 1 (2022): 61–68. https://doi.org/10.51875/jispe.v2i1.35.
Oktori, Agus Riyan. “Hakikat Fitrah Manusia dan Pendidikan Anak dalam Pandangan Islam (Suatu Tinjauan Teoritis).” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 5, no. 2 (2021): 171. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3506.
Pransiska, Toni, Uin Sunan, dan Kalijaga Yogyakarta. “KONSEPSI FITRAH MANUSIA DALAM
PERSPEKTIF ISLAM DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER.”
Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Agustus. Vol. 17, 2016.
Septemiarti, Isnaini. “Konsep Fitrah dalam Perspektif Al-Qur’an dan Pendidikan Islam.” Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4 (2023): 1381–90. http://jurnaledukasia.org.
Sholichah, Aas Siti. “Konsepsi Pendidikan Anak Berbasis Fitrah dalam Perspektif al-Qur’an.” Mumtaz:
Jurnal Studi Al-Qur’an dan Keislaman 1, no. 2 (2019): 69–86. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i2.11. Tarbiyah, Fakultas, U I N Sunan, dan Ampel Surabaya. “Human nature in an islamic perspective” 2 (2023): 149–60. Asror, Moh, M Yunus Abu Bakar, dan Ah Zakki Fuad. “Modernisme Pendidikan Islam dalam Pemikiran Mahmud Yunus : Analisis dan Relevansinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5 . 0” 8, no. 1 (2023). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11693.
Murabbi, A L, dan Nashih Ulwan. “َ م ق ِ ُ ب ا م ّ ِ َ ت ُ لأ ُ ت ْ ث ع َ م َ َّ و ِ إ ِ لا خ َ را َ م” 2, no. 2 (2021): 396–414.
Rahmania, Savira, dan M Yunus Abu Bakar. “STUDI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NAQUIB AL-ATTAS” 6, no. 2 (2023): 142–54.
Tarbiyah, Fakultas, U I N Sunan, dan Ampel Surabaya. “Human nature in an islamic perspective” 2 (2023): 149–60.
Asror, Moh, M Yunus Abu Bakar, dan Ah Zakki Fuad. “Modernisme Pendidikan Islam dalam Pemikiran Mahmud Yunus : Analisis dan Relevansinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5 . 0” 8, no. 1 (2023). https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11693.
Murabbi, A L, dan Nashih Ulwan. “َ م ق ِ ُ ب ا م ّ ِ َ ت ُ لأ ُ ت ْ ث ع َ م َ َّ و ِ إ ِ لا خ َ را َ م” 2, no. 2 (2021): 396–414.
Rahmania, Savira, dan M Yunus Abu Bakar. “STUDI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF NAQUIB AL-ATTAS” 6, no. 2 (2023): 142–54.
Tarbiyah, Fakultas, U I N Sunan, dan Ampel Surabaya. “Human nature in an islamic perspective” 2 (2023): 149–60.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.