EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Lukman Nurhakim STKIP PGRI SUMENEP
  • Anis Tri Yuliana STKIP PGRI SUMENEP

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14670

Keywords:

Media Audio Visual, Kemampuan Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media audio visual pada sub tema indahnya keberagaman budaya negeriku untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen one group pretest posttest design. Penelitian ini dilakukan di SDN Saronggi I Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep dengan subjek penelitian adalah 20 siswa kelas IV tahun pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan The Wilcoxon Signed-rank test kemudian dilanjutkan pada pengujian selanjutnya yaitu paired t-test. Analisis data The Wilcoxon Signed-rank test dan paired t-test dilakukan melalui aplikasi IBM SPSS versi 21 untuk windows. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa media yang dihasilkan adalah 91% dan perangkat pendukung seperti RPP dan lain sebagainya 94% sehingga rata-rata yang diperoleh adalah 93%, dimana nilai rata-rata hasil belajar antara pretest kelompok eksperimen semula 74,95 meningkat menjadi 85,25 pada nilai rata-rata posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual pada subtema indahnya keragaman budaya negeriku efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif pada siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AR, M. M., Hardiansyah, F., Aini, K., Armadi, A., & Astutik, C. (2023). pelatihan game edukasi berbasis sdgs dalam upaya membentuk karakter melalui penguatan projek profil pelajar pancasila bagi guru mi ziyadatul ulum desa kambingan barat. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 416–424.

AR, M. M., Zainuddin, Z., Aini, K., & Mutia, T. (2022). Analysis of Numeration Literacy Program Implementation In Low Class Learning. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 3134–3137.

Astuti, Y. P., & AR, M. M. (2023). Implementation of the Campus Teaching Program Batch 3 in Building Scientific Literacy in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5140–5149.

Demirel Ucan, A., & Wright, A. (2019). Improving the pedagogy of Islamic religious education through an application of critical religious education, variation theory and the learning study model. British Journal of Religious Education, 41(2), 202–217.

Forgasz, H. J., Leder, G., & Hall, J. (2017). Numeracy across the curriculum in Australian schools: Teacher education students’ and practicing teachers’ views and understandings of numeracy. Numeracy, 10(2), 2.

Hall, J., & Zmood, S. (2019). Australia’s literacy and numeracy test for initial teacher education students: Trends in numeracy for low-and high-achieving students. Australian Journal of Teacher Education (Online), 44(10), 1–17.

Hardiansyah, F. (2022). the Implementation of Tolerance Character Education Through Social Science Learning in Elementary School. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 168–180. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i2a5.2022

Hardiansyah, F., & AR, M. M. (2022). Enhancing Students’ Learning Motivation through Changing Seats in Primary School. Mimbar Sekolah Dasar, 9(1), 253–268. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v9i1.43002

Hardiansyah, F., Armadi, A., Ar, M. M., & Wardi, M. (2024). Analysis of Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles in Solving Science Problems in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(3), 1159–1166. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i3.5661

Hardiansyah, F., & Wahdian, A. (2023). Improving Science Learning Outcomes Through the Development of the Magic Card Box Learning Media. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 823–833. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2711

Hardiansyah, F., & Zainuddin, Z. (2022). The Influence of Principal’s Motivation, Communication, and Parental Participation on Elementary School Teachers’ Performance. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(2), 319–334. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.9936

Hardiansyah, F., Zainuddin, Z., Sukitman, T., & Astutik, C. (2023). Development Of Learning Media Smart Book To Improve Understanding Of Elementary School Students In Science Learning. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 26(1), 72–87. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2023v26n1i7

Sama, S., Bahri, S., & AR, M. M. (2022). Realizing creative innovative education through increasing digitalization skills in learning with canva media in the era of smart society 5.0. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 70–81.

Severinsen, D. J., Kennedy, L. K., & Mohamud, S. H. (2018). Teaching strategies that motivate English language adult literacy learners to invest in their education: A literature review. Literacy and Numeracy Studies, 26(1), 25–42.

Supriatna, U., Trinova, Z., Anantadjaya, S. P. D., & Dewi, M. P. (2021). The Application of Multiple Intelligences in Islamic Religious Education. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2381–2390.

Downloads

Published

2024-06-12