PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GEMES TOURNAMENT BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Bagus Ginanjar Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Atik Yuliyani Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wardani Universitas Negeri Semarang
  • Nuni Widiarti Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang
  • Harianingsih Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.14647

Keywords:

learning results, science, team gemes tournament

Abstract

This research aims to conduct a literature review regarding the use of video media with the Team Games Tournament (TGT) learning model in science learning and also determine the identification and use of the Team Games Tournament learning model in science learning. The method used in the research is the Systematic Literature Review (SLR) method. The results of the analysis of several articles show that the Team Games Tournament Learning Model assisted by learning videos in science learning has a significant positive influence on improving student learning outcomes, understanding concepts, student responses and student activities become more effective.Keywords: Team Gemes Tournament, Science, Learning Results.  Keywords: learning results, science, team gemes tournament

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abriyanto, Heru, Megawati Megawati, and Kiki Retnowati. 2022. “Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media 3(1):15–27. doi: 10.52690/jitim.v3i1.704.

Adiputra, Dede Kurnia, and Yadi Heryadi. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Holistika 5(2):104. doi: 10.24853/holistika.5.2.104-111.

Aini, Nur, Rizki Zuliani, and Candra Puspita Rini. 2021. “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 20 Pagi Jakarta Timur.” NUSANTARA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(3):417–26.

Busyaeri, Akhmad, Tamsik Udin, and A. Zaenudin. 2016. “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 3(1):116–37. doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584.

Chandra, and Marleani Pramudyanti. 2016. “Peningkatan Keterampilan Sosial Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 27:5.

Desih, M. Taufik, and Sigit Setiawan. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Software Lectora Inspire Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning.” EDUKASI: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan 15(02):197–212.

Farida, Zahrotul, Maila Sal Sabila, and Rani Setiawaty. 2022. “Systematic Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Team Games Tournament.” Prosiding Seminar Nasional LPPM UMMAT 1(1):158–68.

Ferry, Dharma, Jepriadi, and Dairabi Kamil. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Media Video Animasi Tiga Dimensi (3D).” Pedagogi Hayati 3(2):1–11. doi: 10.31629/ph.v3i2.1641.

Meila Noor Syafria, I. A., Pratiwi, Ika Ari, and M. Syafruddin Kuryanto. 2020. “Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5(5):3(2), 524–32.

Mulyani, Rini, Nana Djumhana, and Tatang Syaripudin. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(2):38–45.

Nisak, Cicik Choirun, and Enik Setiyawati. 2022. “JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan The Effect Of Video-Based Media On Results Of Learning IPA In Class V Hasan Munadi Elementary School Pengaruh Media Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar IPA Di Kelas V SDI Hasan Munadi.” 3(1):39–42.

Nurhayati, Asep Sukenda Egok, and Aswarliansyah. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(5):3.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3(1):171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

Rani, Diah Evita. 2022. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Basicedu 6(4):6068–77. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3146.

Sarah, Maeliza Ayu, Setiani Novitasari, and Muhammad Makki. 2024. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 3 MIDANG Maeliza.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Universitas Pasundan 09(01):294–302.

Sarah Salsabila, Siti, Fajar Nugraha, and Hatma Heris Mahendra. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Iv Sdn 3 Tugu.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(1):4521–32. doi: 10.23969/jp.v8i1.7975.

Servitri, Margaretha Ordo. 2022. “Penerapan Video Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN Balongsari I/500 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1):943–54. doi: 10.31004/jptam.v6i1.3009.

Sihombing, Chintani. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(02):289–94. doi: 10.47709/educendikia.v2i02.1644.

Soleha, Ni Ayu, Dodik Mulyono, and Eka Lokaria. 2022. “Penerapan Model Team Games Tournament Berbantu Media Tiga Dimensi Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd Negd Negeri 1 Sungai Pinang.” LJSE: Linggau Journal Science Education 2(3):60–64. doi: 10.55526/ljse.v2i3.356.

Widiani, A. A. O. V., W. Lasmawan, and K. Suarni. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar PKn Siswa.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 4(1):13–22.

Yunita, Dwi, and Astuti Wijayanti. 2017. “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa.” SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 3(2):153–60. doi: 10.30738/sosio.v3i2.1614.

Zakiyatu Maulidina, Nuriman, Fajar Surya Hutama. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SDN Tegalgede 01 Jember.” JPSD 25(1):141–47.

Abriyanto, Heru, Megawati Megawati, and Kiki Retnowati. 2022. “Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media 3(1):15–27. doi: 10.52690/jitim.v3i1.704.

Adiputra, Dede Kurnia, and Yadi Heryadi. 2021. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Holistika 5(2):104. doi: 10.24853/holistika.5.2.104-111.

Aini, Nur, Rizki Zuliani, and Candra Puspita Rini. 2021. “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sdn 20 Pagi Jakarta Timur.” NUSANTARA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(3):417–26.

Busyaeri, Akhmad, Tamsik Udin, and A. Zaenudin. 2016. “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 3(1):116–37. doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584.

Chandra, and Marleani Pramudyanti. 2016. “Peningkatan Keterampilan Sosial Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 27:5.

Desih, M. Taufik, and Sigit Setiawan. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Software Lectora Inspire Materi Wujud Zat Dan Perubahannya Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning.” EDUKASI: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan 15(02):197–212.

Farida, Zahrotul, Maila Sal Sabila, and Rani Setiawaty. 2022. “Systematic Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Team Games Tournament.” Prosiding Seminar Nasional LPPM UMMAT 1(1):158–68.

Ferry, Dharma, Jepriadi, and Dairabi Kamil. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Media Video Animasi Tiga Dimensi (3D).” Pedagogi Hayati 3(2):1–11. doi: 10.31629/ph.v3i2.1641.

Meila Noor Syafria, I. A., Pratiwi, Ika Ari, and M. Syafruddin Kuryanto. 2020. “Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5(5):3(2), 524–32.

Mulyani, Rini, Nana Djumhana, and Tatang Syaripudin. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(2):38–45.

Nisak, Cicik Choirun, and Enik Setiyawati. 2022. “JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan The Effect Of Video-Based Media On Results Of Learning IPA In Class V Hasan Munadi Elementary School Pengaruh Media Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar IPA Di Kelas V SDI Hasan Munadi.” 3(1):39–42.

Nurhayati, Asep Sukenda Egok, and Aswarliansyah. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(5):3.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 3(1):171. doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.

Rani, Diah Evita. 2022. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Basicedu 6(4):6068–77. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3146.

Sarah, Maeliza Ayu, Setiani Novitasari, and Muhammad Makki. 2024. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 3 MIDANG Maeliza.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Universitas Pasundan 09(01):294–302.

Sarah Salsabila, Siti, Fajar Nugraha, and Hatma Heris Mahendra. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Game Tournament Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Iv Sdn 3 Tugu.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(1):4521–32. doi: 10.23969/jp.v8i1.7975.

Servitri, Margaretha Ordo. 2022. “Penerapan Video Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN Balongsari I/500 Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1):943–54. doi: 10.31004/jptam.v6i1.3009.

Sihombing, Chintani. 2022. “Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(02):289–94. doi: 10.47709/educendikia.v2i02.1644.

Soleha, Ni Ayu, Dodik Mulyono, and Eka Lokaria. 2022. “Penerapan Model Team Games Tournament Berbantu Media Tiga Dimensi Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd Negd Negeri 1 Sungai Pinang.” LJSE: Linggau Journal Science Education 2(3):60–64. doi: 10.55526/ljse.v2i3.356.

Widiani, A. A. O. V., W. Lasmawan, and K. Suarni. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Permainan Tradisional Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar PKn Siswa.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 4(1):13–22.

Yunita, Dwi, and Astuti Wijayanti. 2017. “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa.” SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 3(2):153–60. doi: 10.30738/sosio.v3i2.1614.

Zakiyatu Maulidina, Nuriman, Fajar Surya Hutama. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SDN Tegalgede 01 Jember.” JPSD 25(1):141–47.

Downloads

Published

2024-09-01

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2