PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS V MELALUI APLIKASI QUIZLET DI SD NEGERI 55 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14619Keywords:
Aplikasi Quizlet, Hasil BelajarAbstract
Berdasarkan prasiklus yang dilakukan pada tanggal 21 November tahun 2023, dalam pembelajaran dikelas V khususnya pada mata pelajaran IPAS di SDN 55 Palembang ditemukan sebanyak 50 % siswa yang berarti sebanyak 16 orang dari jumlah keseluruhan siswa sebanyak 32 orang dengan nilai dibawah KKTP (70). Untuk meyelesaikan masalah tersebut, dibutuhkan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS siswa kelas V menggunakan aplikasi Quizlet. Subyek penelitian ini merupakan siswa kelas V SD yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dibagi menjadi 2 Siklus. Tiap siklus meliputi 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus I siwa yang telah tuntas berjumlah 20 orang (62,5%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 12 orang (37,5%) dengan nilai rata-rata 68,5. Pada siklus II siswa yang telah tuntas berjumlah 25 orang (78,1%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 7 orang (21,9%) dengan nilai rata-rata 75,2. Pada siklus III siswa yang telah tuntas berjumlah 30 orang (93,6%), sedangkan yang belum tuntas berjumlah 2 orang (6,4%) dengan nilai rata-rata 84,6.Downloads
References
Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). ANALISIS TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 150-157.
Aribowo, E. K., & Purwanto, A. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Memanfaatkan Aplikasi Quizlet, Quizizz, dan Perangkat Lunak Eclipse Crossword. JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT , 1125-1141.
Azizah, A., & Fatamorgana, F. R. (n.d.). PENTINGNYA PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Auladuna, 15-22.
Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). EVALUASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PENGAJARAN METODE PENDIDIKAN TRADISIONAL DI SEKOLAH DASAR. Journal of Scientech Research and Development (JSCR), 208-219.
Firdaus, I., Hidayati, R., Hamidah, R. S., Rianti, R., & Khotimah, R. C. (2023). Model-Model Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 105-113.
Mufidah, U. Z., Fatih, M., & Alfi, C. (2023). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Quizlet untuk Meningkatkan Self Efficacy. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 167-177.
Rahman, S. (2021). PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR, 289-302.
Said, S. (2023). PERAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA ABAD 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi.
Sari, D. E. (2019). QUIZLET: APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE ERA GENERASI MILENIAL. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 9-15.
Suyuti, Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. (2023). nalisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 1-11.
Syarifah, M. (2017, Novemmber 5). Tahap Penelitian Tindakan Kelas (Siklus Penelitian). Mimpi harus setinggi langit, tapi kaki tetap membumi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.