TEKNIK DAN BENTUK HUBUNGAN LAMBAGA PENDIDIKAN DENGAN MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14610Keywords:
relationships, education institutions, communityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik dan bentuk hubungan lambaga pendidikan dengan masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe literatur review. Pengumpulan informasi dilakukan dengan mencari beberapa sumber penting diantaranya meliputi sumber primer dari sumber literatur yang membahas tentang teknik dan bentuk hubungan lambaga pendidikan dengan masyarakat dan beberapa sumber literatur lain yang berkaitan dengan penelitian. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis sehingga memperoleh hasil kajian yang menunjukkan bahwa membangun hubungan yang kuat dan positif antara lembaga pendidikan dan masyarakat adalah kunci untuk mencapai tujuan pendidikan berkualitas. Dengan menerapkan berbagai teknik dan membangun hubungan yang beragam, lembaga pendidikan dapat meningkatkan mutu, relevansi, dan kinerja pendidikan. Di Indonesia, mengatasi tantangan-tantangan melalui kerjasama yang efektif antara semua pihak diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat untuk kemajuan pendidikan.Downloads
References
Effendi, M. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal Of Islamic Education Management, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.21154/Sajiem.V2i1.40
Fatimah, A. N., Sari, W. P., & Kholik, A. (2024). Public Relations Roles And Functions In Government, Corporate, And Civil Society Organizations. Dalam R. Khamis & A. Buallay (Ed.), Ai In Business: Opportunities And Limitations: Volume 2 (Hlm. 505–516). Springer Nature Switzerland. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-031-49544-1_46
Fitria, R. (2024). Strategi Komunikasi Branding Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Peserta Didik Baru Di Sma It Ash-Shiddiiqi Jambi. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.54396/Alfahim.V6i1.1164
Ikhwan, A. (2018). Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Perspektif Islam. Al-Hayat: Journal Of Islamic Education, 2(1), Article 1.
Manaf, A. (2015). Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat Pada Sman 7 Kota Banjarmasin. Management Of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.18592/Moe.V1i1.344
Ma’sum, T. (2020). Eksistensi Manajemen Pemasaran Dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.33367/Ji.V10i2.1243
Pananrangi, A. R. (2017). Manajemen Pendidikan. Celebes Media Perkasa.
Purnomo, S. (2015). Pengembangan Sasaran, Visi Dan Misi Hubungan Masyarakat Di Lembaga Pendidikan Berbasis Kepuasan Pelanggan. Jurnal Kependidikan, 3(2), 52–69. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V3i2.899
Rahmat, A. (2021). Hubungan Sekolah Dan Masyarakat: Mengelola Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Sekolah (Cet. Ke-1). Zahir Publishing.
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.24260/Add.V1i2.1113
Sandyakala, M. C. (2020). Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.52030/Attadbir.V30i2.63
Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Karwanto, Supriyono, Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., Sofiyana, M. S., & Sulistiana, D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Unisma Press.
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan Ipa. Natural Science, 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.15548/Nsc.V6i1.1555
Satria, R., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M. A. (2019). Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Manajemen Hubungan Masyarakat. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V7i2.26018
Shodiq, T., & Hefniy, H. (2022). Strengthening The Image Of Madrasah Through The School Leadership System. Journal Of Educational Management Research, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.61987/Jemr.V1i1.34
Sholeh, M. I. (2023). Menghadapi Persaingan Sengit Lembaga Pendidikan: Strategi Diferensiasi Dalam Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Aksi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.37348/Aksi.V1i3.259
Syakir, M. F., & Mahmudah, F. N. (2023). Strategi Public Relation Dalam Mengembangkan Citra Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz (Icbb) Yogyakarta. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 4(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.54373/Imeij.V4i3.541
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.