TEKNIK DAN BENTUK HUBUNGAN LAMBAGA PENDIDIKAN DENGAN MASYARAKAT

Authors

  • Heri Risdiyanto uin raden intan lampung
  • Ima Salamah uin raden intan lampung
  • Septuri uin raden intan lampung
  • Erjati Abbas uin raden intan lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14610

Keywords:

relationships, education institutions, community

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teknik dan bentuk hubungan lambaga pendidikan dengan masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe literatur review. Pengumpulan informasi dilakukan dengan mencari beberapa sumber penting diantaranya meliputi sumber primer dari sumber literatur yang membahas tentang teknik dan bentuk hubungan lambaga pendidikan dengan masyarakat dan beberapa sumber literatur lain yang berkaitan dengan penelitian. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis sehingga memperoleh hasil kajian yang menunjukkan bahwa membangun hubungan yang kuat dan positif antara lembaga pendidikan dan masyarakat adalah kunci untuk mencapai tujuan pendidikan berkualitas. Dengan menerapkan berbagai teknik dan membangun hubungan yang beragam, lembaga pendidikan dapat meningkatkan mutu, relevansi, dan kinerja pendidikan. Di Indonesia, mengatasi tantangan-tantangan melalui kerjasama yang efektif antara semua pihak diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat untuk kemajuan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendi, M. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal Of Islamic Education Management, 2(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.21154/Sajiem.V2i1.40

Fatimah, A. N., Sari, W. P., & Kholik, A. (2024). Public Relations Roles And Functions In Government, Corporate, And Civil Society Organizations. Dalam R. Khamis & A. Buallay (Ed.), Ai In Business: Opportunities And Limitations: Volume 2 (Hlm. 505–516). Springer Nature Switzerland. Https://Doi.Org/10.1007/978-3-031-49544-1_46

Fitria, R. (2024). Strategi Komunikasi Branding Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Peserta Didik Baru Di Sma It Ash-Shiddiiqi Jambi. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.54396/Alfahim.V6i1.1164

Ikhwan, A. (2018). Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Perspektif Islam. Al-Hayat: Journal Of Islamic Education, 2(1), Article 1.

Manaf, A. (2015). Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat Pada Sman 7 Kota Banjarmasin. Management Of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.18592/Moe.V1i1.344

Ma’sum, T. (2020). Eksistensi Manajemen Pemasaran Dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.33367/Ji.V10i2.1243

Pananrangi, A. R. (2017). Manajemen Pendidikan. Celebes Media Perkasa.

Purnomo, S. (2015). Pengembangan Sasaran, Visi Dan Misi Hubungan Masyarakat Di Lembaga Pendidikan Berbasis Kepuasan Pelanggan. Jurnal Kependidikan, 3(2), 52–69. Https://Doi.Org/10.24090/Jk.V3i2.899

Rahmat, A. (2021). Hubungan Sekolah Dan Masyarakat: Mengelola Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Sekolah (Cet. Ke-1). Zahir Publishing.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Saadah, M., Prasetiyo, Y. C., & Rahmayati, G. T. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 1(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.24260/Add.V1i2.1113

Sandyakala, M. C. (2020). Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.52030/Attadbir.V30i2.63

Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., Karwanto, Supriyono, Iffah, J. D. N., Widiatsih, A., Utomo, E. S., Maghfur, I., Sofiyana, M. S., & Sulistiana, D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Unisma Press.

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan Ipa. Natural Science, 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.15548/Nsc.V6i1.1555

Satria, R., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M. A. (2019). Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Manajemen Hubungan Masyarakat. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V7i2.26018

Shodiq, T., & Hefniy, H. (2022). Strengthening The Image Of Madrasah Through The School Leadership System. Journal Of Educational Management Research, 1(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.61987/Jemr.V1i1.34

Sholeh, M. I. (2023). Menghadapi Persaingan Sengit Lembaga Pendidikan: Strategi Diferensiasi Dalam Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Aksi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.37348/Aksi.V1i3.259

Syakir, M. F., & Mahmudah, F. N. (2023). Strategi Public Relation Dalam Mengembangkan Citra Dan Persepsi Masyarakat Terhadap Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz (Icbb) Yogyakarta. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 4(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.54373/Imeij.V4i3.541

Downloads

Published

2024-06-11