PENERAPAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LIVEWORKSHEET DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR PPKN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14593Keywords:
LKPD berbasis Live Worksheet, Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila dan KewarganegaraanAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi perkembangan motivasi peserta didik dalam belajar di kelas 8 di SMP Negeri 17 Kota Bandung melalui penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis LiveWorksheet dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian ini memberikan manfaat dalam memperkaya pemahaman tentang efektivitas penggunaan tekhnologi dalam pembelajaran. Penelitian ini Melibatkan 35 responden aktif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan LKPD berbasis LiveWorksheet secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa, dengan 56,30% responden setuju dan 17,06% sangat setuju terhadap pernyataan-pernyataan positif. Penelitian ini juga menggunakan Wawancara mendalam, peserta didik mengungkapkan bahwa penggunaan LKPD berbasis LiveWorksheet membuat mereka lebih termotivasi karena fitur interaktif dan kemudahan aksesnya. Siswa melaporkan bahwa LKPD ini membantu mereka memahami materi dengan lebih baik, meningkatkan partisipasi selama kelas, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik. LKPD berbasis LiveWorksheet efektif dalam mengembangkan motivasi belajar PPKn. persiapan yang memadai bagi guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis LiveWorksheet.Downloads
References
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. 1, 28–37. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724
Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Education, 05(04), 36–38.
Amanda, G., Maya, R., & Amelia, R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Melalui LKPD Berbasis Live Worksheets Pada Materi Himpunan Dengan Pendekatan Berbasis Masalah. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1331–1340. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1331-1340
Anggraeni, A. (2019). Urgensi Penerapan Pendekatan Kontruktivisme pada Pembelajaran PKn SD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal PPKn & Hukum, 14(2), 32. https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/7867/6753
Cuga, C., Patilima, N. A. H., & Isnanto, I. (2023). Meningkatkan Wawasan Keberagaman Sosial Budaya Siswa Melalui Pembelajaran PKN Berbasis Media Interaktif Berbantuan LKPD Live Worksheets di Sekolah Dasar. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 8(2), 294. https://doi.org/10.30998/sap.v8i2.17925
Hartati, F. R., Roshayanti, F., Nuroso, H., & Yulaikah, Y. (2023). Media Video Pembelajaran Tema Hidup Bersih dan Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 900–905. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4812
Kusnadi, E., Martini, E., & Nugraha, G. N. (2017). Konstruk pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 150–163. https://www.semanticscholar.org
Mukti, I. N. C., & Nurcahyo, H. (2017). Pengembangan media pembelajaran biologi berbantuan komputer untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 137. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.7644
Putri, F. A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan Bagi Siswa Kelas X Jasa Boga SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Skripsi, 1, 29.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rosita, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbantu E-Lkpd Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Belajar …. http://repository.radenintan.ac.id/29755/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/29755/1/SKRIPSI BAB 1 %26 BAB 5.pdf
Rusdan, M., & Mulya, D. B. (2023). The Effect of Using Live Worksheet-Based Electronic Worksheets to Measure Cognitive Learning Outcomes. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(3), 983–998. https://doi.org/10.51276/edu.v4i3.481
Santiana, Cahyati, S. S., Novita, D., Genua, V., Putri, S. C., Herda, R. K., Fitriana, S., Lubis, S. S. W., Musyawir, Warda, Y., Wati, S., Sina, M. W., Wardhani, R., Agustina, F. R., Siska, W., Pujasari, R. S., Lima, S. S., Wafi, M. P. P. R., Qorie, T., … Dadan. (2024). Yuk Belajar Bahasa Melalui Media dan Sumber Belajar di Era Society 5.0. In Akademia Pustaka (Issue February).
Syafruddin, I. S., Khaerunnisa, E., & Rafianti, I. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3214–3227. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1727
SYAPARUDDIN, S., MELDIANUS, M., & Elihami, E. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Tunnisa, I.F., Salamah, S. (2022. (n.d.). MEDIA PEMBELAJARAN MENELADANI KEPEMIMPINAN UMAR BIN KHATTAB DI KELAS 6 SD Siti Salamah Ayu Nabila Wiramanggala Alda Dwi Aprilianti Ani Nur Aeni PENDAHULUAN Kepemimpinan merupakan sebuah proses mempengaruhi yang berlangsung dari satu orang kepada orang lai.
Wedyastuti, R. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Polinomial menggunakan Media Interaktif Live Worksheet. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 171–178. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.427
Yuniastuti et al. (2021). Media Pembelajaran untuk Generasi Milenial. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Vol. 000, Issue 1).
Yuzairi, R., & Aguss, R. M. (2022). Pengaruh Latihan Shadow Drilling Menggunakan Shuttlecock Terhadap Ketepatan Pukulan Smash Pada Pemain Di Pb Kafifa Lampung Tengah. Journal Of Physical Education, 3(2), 6–12. https://doi.org/10.33365/joupe.v3i2.1957
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.