UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIK DENGAN MEDIA LAGU PADA KELAS V DI SDN ORO ORO OMBO KOTA MADIUN TAHUN 2024
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14565Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Media LaguAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada materi statistik pengolahan data (mean, median, dan modus) dengan media lagu. Hasil belajar yang rendah menjadi alasan penulis untuk melakukan penelitian. Penelitian ini diterapkan dengan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 19 peserta didik dengan 12 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dillakukan dengan teknik tes soal evaluasi dan non tes berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pada pra siklus dari 19 peserta didik hanya 9 (47,3%) pesera didik tuntas diatas KKTP 75. Setelah diberikan tindakan dengan penerapan media lagu pada siklus I didapatkan dari 19 peserta didik 12 (63,1%) peserta didik tuntas diatas KKTP 75. Selanjutnya pada siklus II memperoleh hasil belajar peserta didik meningkat sebanyak 16 atau (84,2%) peserta didik tuntas di atas KKTP 75 dari 19 peserta didik. Maka dapat diketahui terjadi peningkatan sebesar 15,8% pada pra siklus menuju siklus I, dan peningkatan sebesar 21,1% pada siklus I menuju siklus II. Dengan demikian dapat di simpulkan penggunaan media lagu pada peserta didik kelas V di SDN Oro Oro Ombo dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi Statistik Pengolahan data (Mean, Median, dan Modus)Downloads
References
Anggraeni, S. W. (2016). Penggunaan Media Lagu Anak Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal Sekolah Dasar, ISSN 2528-2883 Vol. 1 No. 1 Sept 2016, 1(1), 49–60.
Ani Widayati, 2018. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.
Dewantari, T., Kasiyun, S., Hartatik, S., & Mariati, P. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Lagu. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 212–217.
Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003
Meinisa, A., & Wasitohadi. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 27–37.
Nurlaela, N. (2020). Penerapan Permainan Pohon Maja Kreatif Pada Pembelajaran Mean, Median Dan Modus Dengan Bantuan Media Cd Interaktif. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 5(2), 1–6.
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830
Sintya Dwi Nur Aisyah, & Nisak, K. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Discovery Learning Tentang Mean, Median, Modus Di kelas VI SDN Simoketawang Wonoayu 1. Julianto, Khoirin Nisak INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 7227–7235.
Sutriyani, W., & Widyatmoko, H. (2020). Efektivitas Model Pbl Menggunakan Media Lagu Rumus Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tunas Nusantara, 2(2), 220–230. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1502
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.