MENINGKATKAN AKTIVITAS GERAK LOKOMOTOR, NONLOKOMOTOR, DAN MANIPULATIF MELALUI AKTIVITAS BERMAIN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14563Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penerapan aktivitas bermain dalam meningkatkan aktivitas gerak lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif di antara siswa kelas 3C di SDN Pakis 1/368 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prasiklus, Siklus 1, dan Siklus 2. Data prasiklus menunjukkan skor rata-rata aktivitas gerak sebesar 76, yang meningkat secara signifikan menjadi 81 pada Siklus 1, dan mencapai 85 pada Siklus 2. Hasil menunjukkan peningkatan yang konsisten dalam aktivitas gerak siswa setelah diterapkannya intervensi berupa aktivitas bermain. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya pendekatan pembelajaran yang melibatkan aktivitas bermain dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, serta meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa integrasi aktivitas bermain dalam kurikulum pembelajaran dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan aktivitas fisik siswa di lingkungan sekolah. Kata Kunci: aktivitas bermain, peningkatan, dan hasil belajar.Downloads
References
Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., & Ramos, M. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478-488.
Reni, S. K. A., Hendrayana, Y., & Rahmat, A. (2024). Persepsi Guru Penjas Terhadap Literasi Fisik Pendidikan Jasmani: Systematic Literature Review. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(2), 852-860.
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan peranan guru dalam proses peningkatan belajar mengajar. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35-42.
Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1).
Tanu, I. K. (2018). Penggunaan metode mengajar di paud dalam rangka menumbuhkan minat belajar anak. Pratama widya: jurnal pendidikan anak usia dini, 3(2).
Kurniawan, R., Pradana, I. A., & Heynoek, F. P. (2022). Pengembangan modul guru materi variasi dan kombinasi gerak lokomotor non-lokomotor manipulatif untuk siswa autis. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 21(2), 98-114.
Wulan, D. S. A. (2015). Peningkatan Kemampuan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Lari Estafet Modifikasi. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 163-180.
Muryani, S. (2019). Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berlatih Lari Pada Siswa Kelas 3 Sd Negeri Nganjat Polanharjo Klaten 2018/2019 Semester I. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(4), 260-270.
Erfayliana, Y. (2017). Aktivitas bermain dan perkembangan jasmani anak. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 145-158.
Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 8(1).
Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1).
Widyaningsih, L., & Assidik, G. K. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Berbasis Pembelajaran Multimodal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 2157-2172.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.