PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 29 AMPENAN

Authors

  • Siti Aulia Sulhani Universitas Mataram
  • Heri Hadi Saputra
  • Fitri Puji Astria

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14555

Keywords:

Pengembangan Media, Ular Tangga Digital, Alat Pernapasan Pada Manusia

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu sumber belajar yang dapat membantu guru dalam upaya menambah pengetahuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menginformasikan desain pengembangan media serta mengetahui kevalidan dan kepraktisan media permainan ular tangga digial pada pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 29 Ampenan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 29 Ampenan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media permaianan ular tangga digital dinyatakan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas berdasarkan hasil penilaian dari ahli media dengan skor 91,18% dan penilaian ahli materi dengan skor 96,42% sehingga termasuk dalam kriteria sangat valid. 2) media perminan ular tangga digital pada pembelajaran IPA dinyatakan praktis berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil terhadap 12 siswa dengan perolehan skor 88,27% dan termasuk kategori sangat praktis sedangkan hasil uji coba kelompok besar terhadap 31 siswa memperoleh skor 93,40% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan tersebut disimpulkan bahwa media permainan ular tangga digital pada pembelajaran IPA materi alat pernapasan pada manusia valid dan praktis sehingga dapat menjadi referensi bagi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang inovatif dan edukatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Nur Oktavia. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Digital pada Materi Keragaman Budaya Indonesia Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Fitriana, Nur Syifa. (2018). “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Terintegerasi Asmaul Husna pada Pembelajaran Tematik.” Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 112-129.

Juliana. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Sisperman pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 1 Labuan Lombok Tahun Pelajaran 2020/2021. Mataram: Universitas Mataram.

Komari, N., & Sariani, N. (2019). Penggunaan Alat Peraga Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mapel Geografi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1).

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Isalam, 37(1), hal. 27-33.

Musfiqon, H. M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jurnal Prestasi Pustaka Publisher.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan Vol 1(1), 24-44.

Putra, N. S. C., Sulistyowati, P., & Ladamay, I (2020). “Pengembangan Aplikasi Ular Tangga Digital pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V SD Negeri Rejoso 1 Kabupaten Blitar.” Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. 4(1), 511-513.

Ratnaningsih, Nafiah Nurul. (2014). “Penggunaan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS kelas III A SDN Nogopuro, Sleman.” Jurnal Ilmu Pendidikan 89-138.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, Kombinasi, R&D, Penelitian Pendidikan). Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suwasiti. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPA pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup dengan Media Permainan Ular Tangga di Kelas IV SD Negeri Ngawu Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Auladuna Vol. 01. No. 02, 147.

Winarto. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Berbasis Contextual Teaching Learning (Ctl) Berbantu Android Siswa Kelas VII Pada Pokok Bahasan Statistika di Mts. Ma’arif 1 Punggur. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.

Wulandari, I Gusti Agung Ayu. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Ilmu. 176.

Zuhriyah, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 26-32.

Downloads

Published

2024-06-18