PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKONSENTRASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MAPEL PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK KELAS II C SD KRISTEN 03 EBEN HAEZER
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14495Keywords:
konsentrasi, pembelajaran berbasis masalah, Pendidikan PancasilaAbstract
Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk membentuk kualitas dan mutu diri seseorang menjadi lebih baik. Dalam membentuk kualitas seseorang tersebut, pendidikan hendaknya memiliki mutu pendidikan yang baik dengan cara melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang berkualitas menggunakan model pembelajaran tertentu. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berkonsentrasi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 2C di SD Kristen 03 Eben Haezer Salatiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian berjumlah 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (kuesioner) dan non tes (observasi). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berkonsentrasi peserta didik dari tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Peningkatan terjadi berdasarkan nilai hasil rata-rata kemampuan berkonsentrasi peserta didik dari 40, menjadi 61,9 di siklus 1, dan berakhir di nilai 75,92 di siklus 2. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi peserta didik kelas 2C SD Kristen 03 Eben Haezer dalam pelajaran Pendidikan Pancasila.Downloads
References
Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Istianah, A., & Susanti, R. P. (2021). Pendidikan pancasila sebagai upaya membentuk karakter pelajar pancasila. Jurnal Gatranusantara, 19(2), 202-207.
Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen mutu pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84-97.
Miranti, I. S., & Sanoto, H. (2023). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV Sd Negeri Pulutan 02 Salatiga. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2637-2646.
Mirdad, J. (2020). Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran). Jurnal sakinah, 2(1), 14-23.
Patria, L., & Yulianto, K. (2011). Pemanfaatan Facebook Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. In Prosiding Seminar Nasional FMIPA-UT.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.
Rosalina, M., & Sanoto, H. (2023). Upaya Peningkatan Kreativitas Siswa dengan Model Project Based Learning Pelajaran Seni Rupa Kelas II di SD Negeri Pulutan 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 34-46.
Sanoto, H. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas V SD Negeri Dukuh 3 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).
Sudjana. (2005). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syahdan, S., Herlinawati, H., & Syaifullah, S. (2022). Pendampingan Guru Dalam Penulisan Laporan Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 41-48.
Thohir, K., Nugraheni, P., & Jannah, M. H. (2014). Peningkatan Konsentrasi Belajar Menggunakan Metode Problem Solving. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 7(2).
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13.
Yuhasnil, Y. (2020). Manajemen kurikulum dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 214-221.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.