ANALISIS KESULITAN BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ade Sanur Maulana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sinta Maria Dewi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tia Latifatu Sa’diah Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14486

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar IPA/Sains siswa kelas V di SDIT Ahsanu ‘Amala pada tema 6 panas dan perpindahannya. ini Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan penelitian yaitu 34 siswa di SDIT Ahsanu ;Amala pada tema 6 Panas dan Perpiindahannya. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tahapan Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil perhitungan dapat diketahui bahwa faktor internal disebabkan siswa tidak menyiapkan buku IPA sebelum pelajaran dimulai dan siswa tidak berusaha menyelesaikan tugas dari guru dengan baik dan benar, siswa tidak pernah membuat ringkasan materi pelajaran yang telah dijelaskan guru dan siswa tidak bertanya bila mengalami kesulitan saat pelajaran, siswa tidak memperhatikan materi yang diterangkan guru tentang dan siswa kurang senang saat pelajaran. Faktor eksternal disebabkan siswa mendengarkan suara guru dengan jelas dan siswa kurang menjaga kesehatan saat berlangsungnya pembelajaran, orang tua saya kurang memperhatikan prestasi belajar dan suasana di rumah tidak mendukung saat belajar sehingga sulit untuk berkonsentrasi, guru tidak menggunkan media sehingga membuat siswa bosan untuk belajar, kegiatan menonton televisi yang berlebihan sehingga siswa tidak berkonsentrasi dalam belajar dan teman bergaul mengajak bermain daripada belajar.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chusna, Frida Amri. (2016) Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo Kecamatan Purworejo, Skrpsi, Universitas Negeri Yoyakarta.

Cintia, Nichen Irma, Dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, Vol. 32, No. 1.

Ghufron, M. Nur & Rini Risnawita. (2015). Kesulitan Belajar Pada Anak Identifikasi Faktor Yang Berperan, Jurnal Elementari. Vol. 3, No.1.

Hidayati, Fajar. (2010). Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta Dalam Mempelajari Aljabar. Skripsi.

Jamal, Fakhrul. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU, Vol. 1, No. 1.

Krismanto, Robertus. (2011). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut Melalui Pembelajaran Berbantuan Modul di SMKN 1 Sedayu Bantul. Skripsi.

Muthma’innah. (2022). Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan.

Ta’diban: Journal of Islamic Education. Vol 3, No. 1, 2022, hal. 73-83.

Rosada, Ulfa Danni. (2016). Diagnosa Of Learning Difficulties And Guidance Learning Service To Slow Learner Student, Jurnal Guidema, Vol. 6, No. 1.

Syafi’, Ahmad, dkk. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2, No. 2

Published

2024-06-16