PERAN BAHASA DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DAN LOYALITAS MAHASISWA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR TERHADAP PLATFORM SHOPEE

Authors

  • Cinta Lasya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Gewatra davina Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Vidya maylahastuti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Xena anastasya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Endang Sholihatin Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14415

Keywords:

: Penggunaan Bahasa, Platform Shopee, Brand Image, Loyalitas Pelanggan, Bahasa Informal, Bahasa Promosi, Bahasa Persuasif

Abstract

Shopee merupakan salah satu platform belanja online yang cukup populer terutama dikalangan mahasiswa, Tujuan dilakukannya penelitian ini yakni (1) untuk mengetahui penggunaan bahasa dalam inovasi promosi pada brand image platform Shopee; (2) untuk mengetahui loyalitas  mahasiswa Universitas Pembangun Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur dalam menggunakan platform shopee; dan (3) untuk mengetahui pemilihan bahasa yang paling berpengaruh dalam membangun brand image dan kepercayaan mahasiswa dalam menggunakan platform Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi pada akun Shopee Live Asoka Fashion  dan melalui wawancara tidak langsung melalui whatsapp  dengan partisipasif  15 mahasiawa UPN Veteran Jawa Timur yang merupakan pengguna aktif platform shopee. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa (1) penggunaan bahasa dalam inovasi promosi pada brand image platform Shope yaitu penggunaan bahasa ajakan atau persuasif, bahasa informatif, bahasa pemikat; (2) loyalitas  mahasiswa Universitas Pembangun Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur dalam menggunakan platform shopee yaitu tinggi, hal itu dapat dilihat berdasarkan sering membuka platform shopee, sering melihat Shopee live karena banyak diskon yang ditawarkan, dan melakukan pembelian berulang di shopee; dan (3) pemilihan bahasa yang paling berpengaruh dalam membangun brand image dan kepercayaan mahasiswa dalam menggunakan platform Shopee yaitu bahasa informal, bahasa pemikat, dan bahasa persuasif, sehingga penggunaan bahasa tersebut sesuai dengan preferensi target pasar dalam menggunakan platform shopee.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

BR, Maharani Bella (2020). PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP PERILAKU NASABAH KOPDIT CU “UNAM” BERASTAGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

Prihatin Dwi. Kajian Pemakaian Bahasa dalam SMS (Short Message Service) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP. Universitas Sebelas Maret Surakarta

Kasanah Nurul Meiliana. Ragam Bahasa Jurnalistik pada Pemberitaan Covid-19 di Media Online Radar Madiun Kajian Sosiolinguistik. Skripsi STKIP PGRI Pacitan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2021)

Universitas Pembangunan Panca Budi. Landasan Teori Bab II

https://perpustakaan.pancabudi.ac.id/dl_file/penelitian/19991_2_BAB_II.pdf

Downloads

Published

2024-06-11

Most read articles by the same author(s)