PERAN BAHASA DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE DAN LOYALITAS MAHASISWA UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” JAWA TIMUR TERHADAP PLATFORM SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14415Keywords:
: Penggunaan Bahasa, Platform Shopee, Brand Image, Loyalitas Pelanggan, Bahasa Informal, Bahasa Promosi, Bahasa PersuasifAbstract
Shopee merupakan salah satu platform belanja online yang cukup populer terutama dikalangan mahasiswa, Tujuan dilakukannya penelitian ini yakni (1) untuk mengetahui penggunaan bahasa dalam inovasi promosi pada brand image platform Shopee; (2) untuk mengetahui loyalitas mahasiswa Universitas Pembangun Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur dalam menggunakan platform shopee; dan (3) untuk mengetahui pemilihan bahasa yang paling berpengaruh dalam membangun brand image dan kepercayaan mahasiswa dalam menggunakan platform Shopee. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi pada akun Shopee Live Asoka Fashion dan melalui wawancara tidak langsung melalui whatsapp dengan partisipasif 15 mahasiawa UPN Veteran Jawa Timur yang merupakan pengguna aktif platform shopee. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa (1) penggunaan bahasa dalam inovasi promosi pada brand image platform Shope yaitu penggunaan bahasa ajakan atau persuasif, bahasa informatif, bahasa pemikat; (2) loyalitas mahasiswa Universitas Pembangun Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur dalam menggunakan platform shopee yaitu tinggi, hal itu dapat dilihat berdasarkan sering membuka platform shopee, sering melihat Shopee live karena banyak diskon yang ditawarkan, dan melakukan pembelian berulang di shopee; dan (3) pemilihan bahasa yang paling berpengaruh dalam membangun brand image dan kepercayaan mahasiswa dalam menggunakan platform Shopee yaitu bahasa informal, bahasa pemikat, dan bahasa persuasif, sehingga penggunaan bahasa tersebut sesuai dengan preferensi target pasar dalam menggunakan platform shopee.Downloads
References
BR, Maharani Bella (2020). PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP PERILAKU NASABAH KOPDIT CU “UNAM” BERASTAGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Prihatin Dwi. Kajian Pemakaian Bahasa dalam SMS (Short Message Service) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP. Universitas Sebelas Maret Surakarta
Kasanah Nurul Meiliana. Ragam Bahasa Jurnalistik pada Pemberitaan Covid-19 di Media Online Radar Madiun Kajian Sosiolinguistik. Skripsi STKIP PGRI Pacitan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (2021)
Universitas Pembangunan Panca Budi. Landasan Teori Bab II
https://perpustakaan.pancabudi.ac.id/dl_file/penelitian/19991_2_BAB_II.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.