PERAN GURU KELAS DALAM MENANGANI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS SLOW LEARNER DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14414Keywords:
Peran Guru, Slow Learner, Siswa, Sekolah DasarAbstract
Ketertinggalan materi pembelajaran kerap kali dialami oleh siswa slow learner. Tingkat pemahaman siswa slow learner berbeda dengan siswa lainnya. Maka dari itu, peran guru perlu dilibatkan dalam menangani siswa slow learner di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan fenomena terkait siswa yang slow learner dan mendeskripsikan peran guru dalam menangani siswa yang slow learner di SD Negeri Karet 04 Pagi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa terdapat lima peran yang telah dilakukan oleh guru kelas 3A dalam menangani siswa slow learner pada proses pembelajaran di kelas, yaitu peran sebagai pembimbing, motivator, mediator dan fasilitator, pengelola kelas, dan evaluator. Dengan menjalankan kelima peran tersebut diharapkan guru mampu memahami siswa slow learner, sehingga dapat menentukan keputusan yang baik dalam menangani siswa slow learner dalam proses pembelajaran mencapai keberhasilan belajar di kelas.Downloads
References
Guru dalam Menghadapi Siswa Slow Learner di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2650–2662. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5895
Minsih, M., & Galih Aninda. (2018). PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS. Profesi Pendidikan Dasar, 5(1), 20–27.
Muflihah, S., Zahra, S. F., & Liwun, F. V. J. (2023). Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pasca Pandemi di Kelas III SD Negeri 15 Maripi Manokwari. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 8(3), 195–205. https://doi.org/10.21462/educasia.v8i3.156
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Albina, Ed.). CV. Harfa Creative.
Nurfadhillah, S., Septiarini, A. A., Mitami, M., & Pratiwi, D. I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Slow Learner di Sekolah Dasar Negeri Cipete 4. ALSYS, 2(6), 646–660. https://doi.org/10.58578/alsys.v2i6.623
O Najoan, R. A., Lala, W. C. I., & Ratunguri, Y. (2023). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 215–227. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i03.1632
Rahayu, A. W., Januar, H., Miyono, N., & Khasanah, S. K. (2023). Analisis Kesuliat Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Slow Learner di SDN Karanganyar Gunung 02. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2471–2480.
Ramadhani, D. A., & Muhroji, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4855–4861. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2960
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.
Septiyani, D. (2023). UPAYA GURU DALAM MENGATASI ANAK LAMBAN BELAJAR DI KELAS II SD NEGERI 106 KOTA BENGKULU. Journal Development and Research in Education, 3(2), 66–73.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif.
Sukma, H. H. (2021). Pembelajaran Slow Learner Di Sekolah Dasar (L. A. P. Puspita & M. Sintawati, Eds.). K-Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.