IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN ECOPRINT UNTUK MENGEMPANGKAN KREATIVITAS SISWA PADA ABAD 21
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14413Keywords:
Transformasi Pembelajaran, STEAM, Inovasi PendidikanAbstract
Pendekatan pembelajaran holistik dan inovatif seperti STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) semakin diakui sebagai landasan yang kuat untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang relevan untuk abad ke-21. Ini adalah artikel tentang implementasi STEAM melalui pelatihan pembuatan ecoprint sebagai cara untuk meningkatkan kreativitas siswa di era milenial. Ecoprint dipilih karena tidak hanya membantu orang belajar tentang sains dan teknologi tetapi juga memasukkan seni dan pertimbangan lingkungan, sesuai dengan semangat STEAM. Artikel ini membahas dari teori ke praktik tentang bagaimana pelatihan ecoprint digunakan dalam lingkungan pendidikan. Ini menunjukkan kesulitan, kesuksesan, dan pelajaran yang dipelajari. Penelitian ini menekankan kreativitas sebagai landasan untuk pemikiran kreatif dan penyelesaian masalah yang relevan untuk generasi milenial, dengan mempertimbangkan konteks pendidikan saat ini. Selain itu, implikasi praktis dan pedagogis dari penelitian ini dibahas, serta kemungkinan transformasi pembelajaran yang mendalam jika STEAM dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah. Artikel ini, melalui pendekatan yang terstruktur dan berorientasi pada hasil, memberikan panduan yang bermanfaat bagi pendidik dan praktisi pendidikan yang ingin menerapkan STEAM dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan kreatif siswa di era milenial.Downloads
References
Agusniatih, A., & Muliana, S. (2022). Implementasi Pembelajaran STEAM melalui Kegiatan Fun Cooking Sebagai Pembelajaran Abad 21. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6502-6512.
Marfuah, A. (2023). Menggali Potensi Kreativitas Anak Melalui Ecoprint. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(4), 67-65.
Fitriyah, A. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS PJBL (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN BERPIKIR KRITIS. X(1), 209-226.
Arsy, I., & Syamsurizal. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Terhadap Kreativitas Peserta Didik . Biolearning Journal, 24-26.
Damardi, B & Rifa'i, M. (2022). Pembelajaran STEAM Sebagai Pembelajaran Inovatif. Jurnal Multidisiplin Madani, 3469-3474.
Damayanti, H. N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Ecoprint Berbasis TPACK pada Pembelajaran Matematika Materi Transformasi di SMAN 1 Klaten. Jurnal Pembelajaran Kolaboratif Matematika Berbasis Lesson Study diSMP, 19-30.
Aryani, D. I. (2023). MANFAAT ECOPRINT SEBAGAI TERAPI SENI UNTUK MELATIH FUNGSI KOGNITIF BAGI LANSIA. jurnal abdi, 8(2), 141-146.
Fajriyah, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Di Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 403-409.
Rahayuni, G. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Ecoprint Sebagai Media Pembelajaran IPA Tema Peduli terhadap Mahluk Hidup di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6(5), 8848-8854.
Jumarniati, J & Fitriani. (2023). Pembelajaran STEAM dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 3(2).
Mayasari, S., Purwati, S., Suparwi, & Bila, I. S. (2023). Pelatihan Pembuatan Ecoprint untuk Mengembangkan Keterampilan Wirausaha bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Community Service in Education, 16-24.
Putri, M. A. (2021). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEAM BERBAHAN LOOSE PARTS DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA ANAK USIA DINI. Journal of Islamic Early Chilhood Education, 2(2), 118-130.
Nur, N. (2023). Implementasi Model Pembelajaran STEAM dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi. Jurnal Arjuna, 1(5), 73-93.
Fauziah, N. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STEAM BERBASIS LOOSE PART TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 9(2), 18-26.
Putri, A. M., Wulandari, C., & Febriastuti, A. R. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEAM Berbasis Loose Parts Dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Pada Anak Usia Dini. Journal Of Islamic Early Chilood Education, 118-130.
Rafik, M., Nurhasanah, A., Freabrianti, V. P., & Muhajir, S. N. (2022). Telaah Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kreativitas Siswa Guna Mendukung Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 80-85.
Utami, R. F. (2022). ECOPRINT: IDE USAHA KREATIF DAN INOVATIF. semnas lppm, 4, 142-146.
Syafi'i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Part Dalam Pembelajaran STEAM Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak , 105-114.
Putri, S. W. D. (2023). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Teknik Ecoprint. PAUD Lectura: Journal of Early Childhood Education, 6(2), 82-91.
Widiantoro, S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Ecoprint untuk Meningkatakan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Dasar. jurnal didakta pendidikan dasar, 4(3), 759-778.
Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 285-293.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.