KONSEP DASAR HUBUNGAN LEMBAGA PENDIDIKAN DENGAN MASYARAKAT

Authors

  • M. Aliful Khabib UIN Raden Intan Lampung
  • Mukhtar Rosyid UIN Raden Intan Lampung
  • Nurani Nurani UIN Raden Intan Lampung
  • Erjati Abbas UIN Raden Intan Lampung
  • Septuri Septuri UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14261

Keywords:

Public Relations Concepts, Basic Concepts, Educational Institutions

Abstract

Dalam konteks Indonesia, masih terdapat banyak tantangan yang dihadapi dalam membangun hubungan yang harmonis antara lembaga pendidikan dan masyarakat. Beberapa di antaranya adalah disparitas akses pendidikan, kurangnya keterlibatan masyarakat dalam proses pendidikan, serta ketidaksesuaian kurikulum dengan kebutuhan pasar kerja. Tujuan penelitian ini konsep dasar hubungan antara lembaga pendidikan dan masyarakat secara holistik, dengan fokus pada perubahan paradigma pendidikan menuju inklusi dan pemberdayaan sosial. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sebagai teknik pengumpulan data, dengan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang relevan dengan topik penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara lembaga pendidikan dan masyarakat memiliki peran yang penting dalam konteks pendidikan modern. Perubahan paradigma pendidikan menuju inklusi dan pemberdayaan sosial menuntut pemahaman yang mendalam tentang bagaimana lembaga pendidikan dapat menjadi agen perubahan sosial yang konstruktif. Selain itu, ketidakseimbangan akses dan kualitas pendidikan di masyarakat memerlukan analisis yang cermat untuk menciptakan kesempatan yang adil bagi semua individu dalam mengakses pendidikan berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Silviani, Irene. Public relations sebagai solusi Komunikasi Krisis. Scopindo Media Pustaka, 2020.

Kartini, Nim. Pelaksanaan Manajemen Humas Dalam Mempromosikan SMP Negeri 10 Palembang. Diss. UIN Raden Fatah Palembang, 2018.

Sukarto, Kasno Atmo. "Konjungsi Bahasa Indonesia: Suatu Tinjauan." Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra 3.1 (2017): 103-118.

Jawa, Yuliana, and Teresia Noiman Derung. "Partisipasi Mahasiswa STP-IPI Malang sebagai Calon Katekis dalam Kegiatan Doa di Lingkungan." In Theos: Jurnal Pendidikan dan Theologi 3.9 (2023): 202-206.

Utami, Rida. Partisipasi Komite Sekolah Dalam Pengembangan Sarana Dan Prasarana Di Madrasah Tsanawiyah Fadhilah Pekanbaru. Diss. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2022.

No, Undang-Undang Republik Indonesia. "Tahun 2003 Tentang Sisdiknas, Bab II Pasal 3.(2006)." Bandung: Fermana (20).

Westra, Pariata, and Syamsi Sutarto. "Ensiklopedi Administrasi." (No Title) (1977).

Simanjuntak, Kardin M. "Implementasi kebijakan desentralisasi pemerintahan di Indonesia." Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance 7.2 (2015): 111-130.

Kurniyati, Yuni. Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Di Desa Mulyorejo 1 Kecamatan Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2019

Downloads

Published

2024-06-09