PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI KOMPONEN KOMBINASI KEBUGARAN JASMANI PADA KELAS V SDN ANDONGDASRI 04 TAHUN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14227Keywords:
Hasil Belajar, Kombinasi, Kebugaran jasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar peserta melalui gabungan komponen kebugaran jasmani di kelas V di SDN Andongsari 04 pada tahun pelajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V di SDN Andong 04, dengan sumber informasi dari guru, siswa, dan peneliti. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumen, dan divalidasi menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif untuk mengidentifikasi pola dalam proses pembelajaran. Hasil survei menunjukkan adanya peningkatan dalam pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada siswa kelas V di SDN Andongsari 04 tahun 2023/2024, yang menandakan keberhasilan upaya peningkatan pembelajaran melalui gabungan komponen kebugaran jasmani.Downloads
References
Anufia, Budur, and Thalha Alhamid. "Instrumen pengumpulan data." (2019).
Arifin, Syamsul. "Peran guru pendidikan jasmani dalam pembentukan pendidikan karakter peserta didik." Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 16.1 (2017).
Bayuaji, Yohan Mansur. "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif Menggunakan Alat Bantu dan Alat Modifikasi Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas III C SDN 01 Karanganyar Tahun Pelajaran 2022/2023." (2023).
Fatmawati, Ira. "Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran." Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran (2021): 20-37
Hidayat, Abdul Salam, Firmansyah Dlis, and Sofyan Hanief. Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Lari Berbasis Permainan pada Siswa Sekolah Dasar. Penerbit CV. Sarnu Untung, 2021.
Kanca, I. Nyoman. "Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Abad 21." Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG). Vol. 1. No. 1. 2018.
LANCAR, PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA. "Penelitian Tindakan Kelas." (2008).
Maesaroh, Siti. "Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam." Jurnal kependidikan 1.1 (2013): 150-168.
Mulyatiningsih, Endang. "Metode Penelitian Tindakan Kelas." Modul Pelatiihan Pendidikan Profesi Guru: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta (2015).
Permana, Erwin Putera. "Penerapan Metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS SD." Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara 1.2 (2016)
Rahayu, Puji, Rintis Rizkia Pangestika, and Titi Anjarini. "Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Talkingstick Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar." Journal on Teacher Education 4.1 (2022): 385-394.
Rejeki, Hendriana Sri, and Gunawan Gunawan. "Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Untuk Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Penjaskesrek 8.2 (2021): 218-232.
Rezki, Almaita Tri. Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dalam Aspek Penilaian Hasil Belajar di SMA Negeri 1 Mempura. Diss. Universitas Islam Riau, 2019.
Saeketu, Eunike Novita. "Penerapan pendekatan bermain untuk meningkatkan hasil belajar kombinasi gerak dasar lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif pada siswa kelas V SD Negeri 01 Gemolong Kabupaten Sragen tahun ajaran 2018/2019." (2019).
Ulansari, Putri Tuti, Irwandi Ansori, and Yennita Yennita. "Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa." Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2.1 (2018): 27-33.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.