PELUANG DAN TANTANGAN PERENCANAAN BERBASIS DATA DENGAN MEMANFAATKAN RAPOR PENDIDIKAN DI SDN KABUPATEN KENDAL

Authors

  • Adi Setianto Universitas PGRI Semarang
  • Suwarsi Universitas PGRI Semarang
  • Wuri Purwaning Tias Universitas PGRI Semarang
  • Nurkolis Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14052

Keywords:

Perencanaan Berbasis Data, Rapor Pendidikan, Pembiayaan Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). Untuk mengetahui peluang dan tantangan perencanaan berbasis data dengan memanfaatkan rapor pendidikan. 2) untuk mengetahui peluang dan tantangan perencanaan berbasis data dengan memanfaatkan rapor pendidikan di SDN Kabupaten Kendal. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi kegiatan, wawancara dan penelusuran dokumen keuangan. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian yaitu 1) tantangan perencanaan manajemen berbasis data adalah peran manusia yang semakin banyak digantikan oleh teknologi, Kemudian penyusunan perencanaan dengan menggunakan sistem dan aplikasi yang tidak bisa di rubah dan harus sesuai dengan indikator. Peluang, sekolah lebih di mudahkan dalam penyusunan anggaran disebabkan sudah ada sistem dalam penyusunan anggaran. 2) hambatan yang dihadapi dalam perencanaan pendidikan yaitu kurang memahami indikator dalam laporan mutu, kurang kompeten dalam menganalisis akar masalah, solusi perbaikan parsial. Kemudian kegiatan perencanaan belum dilakukan secara optimal namun sudah ada pergantian pimpinan memerlukan proses adaptasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar dan Taufani C. Kurniatun. 2019. dalam Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. Manajemen Pendidikan. (Hal.255-276). Jakarta: Alfabeta.

Budaya, B. 2017. Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pada Sekolah Dasar yang Efektif. Jurnal Ilmiah, 42 - 59.

Connolly, Thomas and Begg, Carolyn. 2010. Database Systems A Practical Approach to Design, Implementation, and Management Fifth Edition. Boston: Pearson Education

Devanny Gumulya. 2021. Pentingnya Perencanaan Manajemen Pada Era Society 5.0,” Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA) 4 (2021): 380–389.

Indrajani. 2015. Database Design, Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Makmur Syukri, Indrasyah Sitompul, Oda Kinata Banurea. 2020. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya

Muhaimin, dkk. 2019. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya Dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/ Madrasah. Jakarta: Kencana

Mulyasa, E. 2013. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2017. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyono, 2016. Konsep Pembiayaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Murbedi Aris Marico. 2019. Peluang dan Tantangan Untuk Manajemen Akuntansi di Era Big Data. Volume 1, Issue1, September 2019.

Musfah, Jejen. 2015. Manajemen Pendidikan, Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Prenada Group.

Ramadhan Yulia Rizky, dkk. 2021. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis Buku Kita Gramedia.

Rohiat. 2012. Manajemen Sekolah, Teori Dasar dan Praktik. Bandung: Refika Aditama.

Sri Murtiah, Maisyaroh Desi Eri Kusumaningrum. 2019. Analisis Peran Komite Sekolah Dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Dasar Se Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro. Universitas Negeri Malang.

Sumiyati, Rohmat. 2022. Peluang dan Tantangan Manajemen Pendidikan Islam di Era Millenial Perencanaan Berbasis Data dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di SD Negeri 7 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah). Volume 1, 2022, Hal. 94-106.

Yusri Imza Mahendra, Sumarlin Mus, Wahira. 2021. Perencanaan Berbasis Data Pada Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak di UPT SDN 9 Binamukabupaten Jeneponto. Pinisi Journal of Health & Sport Science.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang prinsip pengelolaan dana Pendidikan 48 Ayat 1.

Peraturan Pemerintah no 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan.

Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Standar Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasioanal Nomor 69 Tahun 2009 tentang Standar Biaya Operasi.

Peraturan Mentri Keuangan Nomor 73/PMK.05/2008 tentang Tata Cara Penatausahaan dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Kementrian Negara/Lembaga/Kantor/Satuan Kerja.

Downloads

Published

2024-06-04