ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN IPA ECOPRINT PADA MATERI BENTUK TULANG DAUN TUMBUHAN BAGI PESERTA DIDIK JENJANG SD BERBASIS ETNOSAINS

Authors

  • Evi Kristanti Apriliani Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Sudarmin Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Sri Wardani Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Wahyu Lestari Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Subali Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14049

Keywords:

Kata Kunci: media pembelajaran, ecoprint, etnosains

Abstract

Di era globalisasi ini, siswa lebih akrab dengan budaya asing dan kurang memahami budaya dan tradisi lokal yang dimiliki oleh penduduk Indonesia, sehingga mereka mulai merasa kurang nasionalis. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan keinginan peserta didik untuk belajar dan pemahaman mereka tentang materi. Media pembelajaran berbasis etnosains ecoprint bertujuanĀ  memanfaatkan potensi alam untuk menggali pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan deskriptif analitik dengan berbasis pengumpulan data secara lapangan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis etnosains ecoprintĀ  dapat memberikan manfaat serta wawasan baru bagi peserta didik, khususnya peserta didik jenjang SD. Dengan media pembelajaran berbasis etnosains ecoprint dan dapat memperjelas konsep pemahaman peserta didik, khususnya pada bentuk tulang daun. Peserta didik juga dapat.mengekspresikan kreativitas dan imajinasi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dasar, 9(2), 202-214.

Haryanti, U., Jayanti, K. D., & Safitri, E. I. (2024). Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Al Islam 2 Jamsaren Surakarta Melalui Pelatihan Batik Ecoprint Untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Siswa. PROFICIO, 5(2), 39-44.

Widiyaningsih, N., Susanto, M. R., & Erniasari, E. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Materi Teknik Membatik Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1442-1458.

Downloads

Published

2024-06-10

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>