PENGARUH PEMBELAJARAN PROYEK SAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPAS DAN KETERAMPILAN SAINS ANAK SD KELAS 5
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14031Keywords:
IPAS, Keterampilan, Proyek Sains, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pembelajaran proyek sains terhadap pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dan keterampilan sains pada siswa kelas 5 di Sekolah Dasar (SD). Metode eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok: satu kelas 5 yang menerima pembelajaran proyek sains sebagai kelompok eksperimen, dan satu kelas lainnya yang menerima pembelajaran konvensional sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan mencakup tes pemahaman konsep IPAS dan observasi untuk menilai keterampilan sains anak. Hasil analisis data menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa pembelajaran proyek sains memiliki dampak positif yang signifikan terhadap pemahaman konsep IPAS dan keterampilan sains anak pada kelas 5. Siswa yang terlibat dalam pembelajaran proyek sains menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam pemahaman konsep IPAS dan demonstrasi keterampilan sains dibandingkan dengan siswa yang menerima pembelajaran konvensional. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan pembelajaran proyek sains dalam kurikulum pendidikan dasar untuk meningkatkan pemahaman konsep IPAS dan keterampilan sains anak. Pembelajaran proyek sains memberikan pengalaman praktis yang memungkinkan siswa untuk memahami konsep-konsep sains secara lebih mendalam melalui eksplorasi, eksperimen, dan kolaborasi. Oleh karena itu, guru dan pengambil kebijakan pendidikan perlu mempertimbangkan integrasi pembelajaran proyek sains dalam strategi pengajaran mereka untuk memaksimalkan potensi pembelajaran siswa di tingkat Sekolah Dasar.Downloads
References
Amanda, N. G., L. T. Biru, dan D. I. Suryani. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learningterhadap Keterampilan Proses Sains. PENDIPA Journal of Science Education. 7(2): 168-177.
Dharmayani. N. K. Y. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Me mbuat Jamu Boreh/Lulur Perawatan Badan. Journal of Education Action Research. 5(2) : 216 – 221.
Dwiyanti, E., dan D. Rosana. 2020. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. 4(2):45-57.
Harahap, O. T., dan M. Riki. 2020. Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Project Based – Learning. JTEV (JURNAL TEKNIK Elektro dan Vokasional. 6(2) : 433 – 441.
Kamaruddin, I., L. E. S. Darmawati, S. Sudirman, dan E. S. Handayani. 2022. Pengaruh project based learning (PjBL) dengan strategi flipped classroom terhadap pemahaman dan berfikir kritis siswa. Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya.5(3): 265-276.
Prima, E., dan P.I. Lestari. 2021. Pembelajaran sains bagi anak usia dini melalui pembelajaran berbasis proyek pada masa belajar dari rumah. Jurnal Ilmu Pendidikan. 5(1): 1-8.
Rizkianidaa, R., E. Wuryandini, S. Suneki, dan D. R. Tunjungsari. 2023. Penerapan model project based learning pada kurikulum merdeka dalam meningkatkan pemahaman konsep IPAS pada siswa kelas IV SD Negeri Pandeanlamper 1. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5(2):1450-1456.
Soleman, N. 2020. Dinamika perkembangan kurikulum di Indonesia. Jurnal Kajian
Pendidikan Keislaman. 12 (1): 1-14.
Dharmayani. N. K. Y. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Membuat Jamu Boreh/Lulur Perawatan Badan. Journal of Education Action Research. 5(2) : 216 – 221.
Harahap, O. T., dan M. Riki. 2020. Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Project Based – Learning. JTEV (JURNAL TEKNIK Elektro dan Vokasional. 6(2) : 433 – 441.
Prima. E., dan P. I. Lestari. 2021. Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Masa Belajar Dari Rumah. Jurnal Media Edukasi. 5(1) : 1-8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.