PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA
Keywords:
Kooperatif Learning, Make a Match, Hasil BelajarAbstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila khususnya pada kelas X-10 SMA Negeri 21 Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Kooperatif Learning tipe Make a Match dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan catatan lapangan. Aktivitas guru mengalami peningkatan pada siklus I yaitu 75% termasuk dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II terus mengalami peningkatan menjadi 91%. Aktivitas peserta didik juga menunjukkan peningkatan pada siklus I yaitu sebesar 70,83%, selanjutnya pada siklus II aktivitas peserta didik juga mengalami peningktan menjadi 95,83%. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu sebesar 84,54 pada siklus II mengalami peningkatan sebesa5 89,17. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu sebesar 70,58% dan pada siklus II sebesar 91,17%. Sehingga presentase ketuntasan belajar pada penelitian ini dikatakan tuntas karena peserta didik mencapai keberhasilan sebesar ≥80%.Downloads
References
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Darmawan, D., & Winataputra, U. S. (2020). Analisis dan Perancangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, 4(2), 182-197.
Indarti, Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah : Prinsip-prinsip Dasar, Langkah-langkah, dan Implementasinya. Surabaya: FBS Unesa.
Kurnia, Heri., dan Gilang Septera. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. AoEJ: Academy of Education Journal. Vol 10 No 2. Hal 109-121.
Kurniasih, I dan Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model pembelajaran. Yogyakarta: Kata pena
Mislan, dan Edi Irwanto. Buku Ajar Strategi Pembelajaran: Komponen, Aspek, Klasifikasi dan Model-Model Dalam Strategi Pembelajaran. Klaten: Lakeisha, 2019.
Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Iman, A. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 10–23.
Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Roos M.S. dkk. 2023. Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol 9 (19). Hal 979-988.
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada
Syahrilfuddin, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Pekanbaru: Cendikia Insani.
Titi Alawiyah, Dkk. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Krakatau: Vol 2 No 1 Februari 2024. Hal 9-14.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.