PENGEMBANGAN APLIKASI PERANQO (PENERAPAN INFAQ & SHODAQOH) BERBASIS SAC PADA PEMBELAJARAN PAI DI SD

Authors

  • Aprilia Kasih Lestari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Arcelia Vernanda Universitas Pendidikan Indonesia
  • Firda Nurfadilah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13886

Keywords:

Aplikasi, SAC, ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterlibatan media pembelajaran inovatif. Bentuk pembelajaran yang efektif dan inovatif di abad 21 terkemas dalam teknologi digital. Ketika teknologi digital memasuki ranah pendidikan, maka peran guru sebagai faktor penunjang keberhasilan harus maksimal. Guru memiliki reputasi sebagai agen perubahan yang memberikan pendidikan moral dan agama. Namun realitanya pendidikan agama islam di SD belum sepenuhnya maksimal, sebagian dari peserta didik memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap yang kurang mencerminkan akhlak baik sesuai pengajaran islam karena kurang memahami dan memaknai materi pembelajaran. Dampak yang terjadi yaitu peserta didik mudah lupa akan bahan ajar yang sudah diterima dan sulit menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Terutama pada materi pembelajaran agama islam mengenai infak dan sedekah. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui seberapa berpengaruhnya pengembangan aplikasi PERANQO (Penerapan Infaq dan Shodaqoh) berbasis SAC dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5A SDN Panyingkiran II. Hasil penelitian menunjukan aplikasi PERANQO efektif digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, Ani Nur, Zahra Diffa Aprilia, Dede Yeni Suhartini, and Rofikoh Suistiani. 2022. “Pengembangan Aplikasi ‘Cermin’ Untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam Di Sekolah Dasar Kelas V.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar 05(1):89–99.

Aeni, Ani Nur, Corry Rahma Aulia, Luthfiah Nur Eka Fauziah, and Yogi Fernando. 2022. “Pengembangan Lagu ‘Malaikatku’ Sebagai Media Edukasi Mengenalkan Malaikat Allah Dalam Islam Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3):4549–57. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2722.

Aeni, Ani Nur, Jenia Syifa Nurlatifah, Aliya Putri Setiowati, and Luthpin Ubaidiah. 2023. “Pengembangan Aplikasi Belajar Tata Cara Salat (BTS) Berbasis Smart Apps Creator Sebagai Pembelajaran PAI Di SD.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7(2):704. doi: 10.35931/am.v7i2.2086.

Dirgantara, Cahya Sukma, Rena Rohmawati, Ratna Nindya, and Ani Nur Aeni. 2022. “Penggunaan Ebook APOI ”Amazing Prophet Of Islam” Untuk Mendidik Karakter Pada Anak SD Kelas Atas.” Jurnal Basicedu 6(3):3931–44. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2725.

Febrista, Dea, and Efrizon Efrizon. 2021. “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Vidio.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika) 9(3):102. doi: 10.24036/voteteknika.v9i3.113750.

Khasanah, Khasanah, and Rusman Rusman. 2021. “Development of Learning Media Based on Smart Apps Creator.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13(2):1006–16. doi: 10.35445/alishlah.v13i2.549.

Maula, Mela Minkhatul, Ade Surya, Alif Akbar Bayu Ramadhan, and Ani Nur Aeni. 2023. “Pengembangan Aplikasi ZIS Share Untuk Menumbuhkan Kesadaran Membayar Zakat, Infaq Dan Sedekah Pada Siswa SD.” As-Sabiqun 5(3):752–69. doi: 10.36088/assabiqun.v5i3.3310.

Maulani, Siska, Nisa Nuraisyah, Dini Zarina, Intan Velinda, and Ani Nur Aeni. 2022. “Analisis Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Terhadap Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia 2(1):539–46. doi: 10.52436/1.jpti.134.

Nur Aeni, Ani, Anissa Nur Nofriani, Irsa Ayuni Fauziah, and Irgi Ahmad Fauzi. 2022. “Pemanfaatan Media Animasi Berbasis Aplikasi Renderforest Dalam Membentuk Kepribadian Islami Bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas 4.” Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia 2(6):279–87. doi: 10.52436/1.jpti.183.

Roffiq, Ainoer, Ikhwanul Qiram, and Gatut Rubiono. 2017. “Media Musik Dan Lagu Pada Proses Pembelajaran.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 2(2):35. doi: 10.26737/jpdi.v2i2.330.

Saputra, Pradipta Angga, and Adi Nugroho. 2017. “Perancangan Dan Implementasi Survei Kepuasan Pengunjung Berbasis Web Di Perpustakaan Daerah Kota Salatiga.” JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi 15(1):63. doi: 10.12962/j24068535.v15i1.a636.

Winatha, Komang Redy, and I. Made Dedy Setiawan. 2020. “Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(3):198–206. doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p198-206.

Downloads

Published

2024-06-03