PEMBELAJARAN BERBANTU MEDIA JAMUR (JAM NUMERASI) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN STEAM

Authors

  • Suci Nafiatus Sadea Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13858

Keywords:

Media Jamur, Efektivitas Pembelajaran Matematika, Pendekatan STEAM

Abstract

Pendekatan pembelajaran berbantu media jamur (jam numerasi) dalam konteks pengajaran matematika telah mendapatkan perhatian yang signifikan dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian terkait menyoroti peran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics) dalam memperkaya pendekatan pembelajaran matematika dengan memperkenalkan elemen-elemen kreatif dan eksploratif. Studi pustaka menunjukkan bahwa penggunaan media jamur dalam pembelajaran matematika dapat memfasilitasi pemahaman konsep-konsep matematis secara konkret dan visual. Bentuk jamur yang unik dan beragam memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, pengamatan, dan eksperimen, yang semuanya penting dalam pembelajaran matematika. Selain itu, pendekatan STEAM membawa elemen kreatif dan aplikatif ke dalam pembelajaran matematika, dengan memadukan konsep-konsep matematika dengan ilmu pengetahuan alam, teknologi, rekayasa, dan seni. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar konsep-konsep matematika secara teoritis, tetapi juga melihat bagaimana konsep-konsep tersebut dapat diterapkan dalam konteks dunia nyata. Dengan demikian, penggabungan antara media jamur (jam numerasi) dan pendekatan STEAM memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika. Melalui kombinasi ini, siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep-konsep matematis sambil memperoleh keterampilan kreatif dan aplikatif yang penting untuk kesuksesan di dunia modern yang terus berubah.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Tanjung, S., & Khairuddin, R. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIFBERBASIS GAMBAR PADA MATERI FUNGI (JAMUR) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWAKELAS X SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS. Journal Bionatural, 11(1), 38-44.

Aloahyt, Z., Taher, D. M., & Mas' ud, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terintegrasi Saintifik Berbantuan Media Charta Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 16 Halmahera Selatan. Jurnal Bioedukasi, 5(2), 99-106.

Suryatama, R., Hayat, M. S., & Widyastuti, D. A. (2022, December). Peningkatan Lifelong Learning Siswa pada Materi Jamur Melalui Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Saintifik. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Siduppa, N. A. R., & Suryani, A. I. (2023, November). Pengaruh Penggunaan Berbagai Media Pembelajaran Pada Materi Jamur Terhadap Hasil Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Biologi: Inovasi Sains & Pembelajarannya (Vol. 11, No. 1).

Juniati, E., & Widianti, T. (2015). pengembangan buku saku berbasis mind mapping dan multiple intelligences materi jamur di SMA Negeri 1 Slawi. Journal of Biology Education, 4(1).

Downloads

Published

2024-06-02