PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI SD NEGERI KARANGROTO 01 KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13794Keywords:
Articulate Storyline, Media Interaktif, Hasil Belajar IPASAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) pada kelas V dan terbatasnya media pembelajaran interaktif yang digunakan guru. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran interaktif dan inovatif yang dapat mengoptimalkan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan menguji efektivitas media pembelajaran IPAS berbasis Articulate Storyline pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas V SD Negeri Karangroto 01 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan langkah-langkah analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V sebanyak 28 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan meliputi angket validasi ahli media dan ahli materi, pedoman wawancara, angket respon dan lembar pretest/posttest. Penelitian tersebut memberikan hasil data berupa hasil validasi kelayakan oleh ahli media sebesar 96% (sangat layak), validasi oleh ahli materi sebesar 86% (sangat layak). Hasil keefektifan media dari pengerjaan pretest dan posttest menunjukkan presentase ketuntasan sebesar 93% dan hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000<0,05 yang menunjukkan perbedaan yang signifikansi dalam hasil pretest dan posttest, serta hasil uji n-gain menunjukkan hasil 63,08 dengan kriteria sedang. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dapat meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V di SD Negeri Karangroto 01.Downloads
References
Al-Baru, L. E., Istyadji, M., & Sari, M. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa SMP Kelas VIII. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 142–151. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss3.775
Ananda, R., Hadiyanto, H., Erita, Y., & Karneli, Y. (2023). Development of Android-Based Interactive Media Articulate Storyline 3 in the Merdeka Curriculum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 6819–6827. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.5393
Ayudianti, Y. N., Andriana, E., Setiawan, S., & Yuliana, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Model Pembelajaran Kontekstual Di Kelas Iv Sd. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(1), 131–141. https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.2007
Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082
Fajarwati, A. A., Nugraheni, P., & Purwaningsih, W. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Materi Pola Bilangan Untuk Membantu Pemahaman Konsep. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 254–266. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3653
Febrianto, I., Hidayati, Y. M., & Rini Untari. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Website Berbasis Articulate Storyline. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 181–186. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.220
Fransisca, S., Hendracipta, N., & Syachruroji, A. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Struktur Fungsi Tubuh Hewan Dan Tumbuhan Di Kelas Iv Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 1149. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8604
Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85. https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54
Ike Yunia Pasa, Yoga Sahria, & Cahyo Anggoro. (2023). Articulate Storyline sebagai Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru SD Negeri Bedug. Lentera Pengabdian, 1(03), 338–346. https://doi.org/10.59422/lp.v1i03.104
Istyadji, M., Yulinda, R., Amalina, D., & Fahmi. (2022). Validity and Practicality of Articulate Storyline Learning Media on Environmental Pollution Materials for Junior High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2599–2604. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.1639
Julia, R. I., Nellitawati, Bentri, A., & Desyandri. (2023). Development of Learning Media Using Articulate Storylines to Increase Student Motivation in Mathematics Subjects in Elementary Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6345–6352. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4558
Kolopita, C. P., Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Inverted: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37905/inverted.v2i1.13081
MU, N. C., Zakiah, L., & Prasetyo, L. P. (2022). the Development of Interactive Media With Articulate Storyline With Mobile Learning Based on Civic Education for Class V Students. Indonesian Journal of Elementary Teachers Education, 3(1), 16–24. https://doi.org/10.25134/ijete.v3i1.5617
Nisa Azkiah Simatupang, & Safrida Napitupulu. (2023). Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline 3 Theme 5 My Heroes on Student Learning Interest Grade IV Elementary School. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 2(2), 155–165. https://doi.org/10.55299/ijere.v2i2.455
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546
Pratiwi, K. I. A., Margunayasa, I. G., & Trisna, G. A. P. S. (2023). Project-Based Learning Interactive Multimedia with Orientation of Environmental Problems Assisted by Articulate Storyline 3 for Grade V Elementary Schools. Journal of Education Technology, 7(2), 332–342. https://doi.org/10.23887/jet.v7i2.59615
Rizkiyah, R., & Nuruddin, M. (2023). The Development Of Animation Interactive Media Based On Articulate Storyline To Improve Student Learning On IPS Materials. IJPSE Indonesian Journal of Primary Science Education, 4(1), 90–96. https://doi.org/10.33752/ijpse.v4i1.2883
Rusmin Husain, & Ditya Ibrahim. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Di Sekolah Dasar. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1365–1374.
Saadah, I. N., Hadi, S., Budiyanto, M. A. K., Rahardjanto, A., & Hudha, A. M. (2022). Development of articulate storyline learning media to improve biology learning outcomes for junior high school students. Research and Development in Education, 2(2), 51–56. https://doi.org/10.22219/raden.v2i2.23232
Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109
Samala, A. G., Taali, T., Candra, O., & Husnaini, I. (2023). Interactive Learning Media Development using Articulate Storyline in Fundamentals of Electric Power Engineering. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 15(2), 51–63. https://doi.org/10.24036/jtip.v15i2.695
Sari, M. R., & Qohar, A. (2023). Development of mathematics learning media based on articulate storyline 3 on cube materials. AIP Conference Proceedings, 2614(1), 43–58. https://doi.org/10.1063/5.0125871
Sari, P. K., & Hanif, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sdn Tambakrejo Magetan. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 153–161. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.175
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356
Septiana, I. G. Y., Wibawa, I. M. C., & Trisna, G. A. P. S. (2022). Interactive multimedia based on articulate storylines in the topic of plant anatomy and physiology. International Journal of Elementary Education, 6(2), 182–194. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/46486
Sindu, I. G. P., Santyadiputra, G. S., & Permana, A. A. J. (2020). The effectiveness of the application of Articulate Storyline 3 learning object on student cognitive on Basic Computer System courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(3), 290–299. https://doi.org/10.21831/jpv.v10i3.36094
Triana, S., & Amini, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Articulate Storyline di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21691–21696.
Utami, N., Margunayasa, I. G., & ... (2023). Interactive Multimedia Based on the PjBL Model with Public Health Orientation Assisted by Articulate Storyline 3. Jurnal Pedagogi Dan …, 6(3), 491–499. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/download/59640/27617/197856
Utari, D. R., & Ramadan, Z. H. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 Untuk Siswa SD Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1810–1817. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6262
Victorio Isya Erlangga, Baiduri, B., & Dintarini, M. (2023). Development of Creative Problem Solving (CPS)-Based Articulate Storyline Media to Develop Students’ Creative Thinking Ability SPLDV Class VIII Material. Mathematics Education Journal, 7(2), 248–263. https://doi.org/10.22219/mej.v7i2.24921
Yati, Y., Aminuriyah, S., Uswatun Khasanah, S., Maftuh Hidayati, Y., & Desstya, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Nilai Tempat Bilangan Dua Angka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3991–4005. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7019
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.