PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS V SDN 29 MARANA KECAMATAN LAU KABUPATEN MAROS
Keywords:
Hasil Belajar, Model value clarification technique (VCT).Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model pembelajaran value clarification technique (VCT) dapat meningkatkan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran PKn kelas V SDN 29 Marana Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan penerapan model Value Clarification Technique (VCT) di kelas V SDN 29 Marana Kecamatan Lau Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 29 Marana Kecamatan Lau kabupaten Maros sebanyak 35 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥75 adalah sebanyak 14 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 40%. Sedangkan pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥75 adalah sebanyak 32 orang dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 91%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan hasil belajara PKn siswa kelas V SDN 29 Marana Kecamatan Lau Kabupaten Maros melalui model Value Clarification Technique (VCT) mengalami peningkatan.Downloads
References
Azis, A. (2018). Implementasi Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 37–47. https://doi.org/10. 24269/jpk.v3.n2.201 8.pp37-47
Hamzah, A. R. (2020). “Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Moralitas Dalam Pembelajaran Pkn SDN 167 Kasuso Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba.
Juandi, A. S. (2022). Penyusunan Instrumen Penelitian Tindakan Kelas dalam Upaya Peningkatakan Keterampilan Sosial. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 91–98.
Priatna, T. (2018). Penelitin Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita.
Siswinarti, R. (2019). Pengaruh Model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media video terhadap hasil belajar PKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 41–49.
Sofiarini, A., Valen, A., & Ernawati. (2021). Penerapan Model Value Clarifications Technique (VCT) pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnalbasicedu, 5(5), 3541–3550.
Suganti, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Permainan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(2), 255–262.
Sugiati, A., & Hajar, I. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn. Journal of Islamic Education, 3(1), 110–120. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.21112
Sumiyadi. (2019). Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT). Riksa Bahasa, 5.
Syaikhoni, A., & Mintihari, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn Kepuh Kiriman Ii Waru Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4), 254992.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.