PENDIDIKAN KEPANDUAN DALAM MENGASAH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN EMOSIONAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13772Keywords:
Interpersonal Intelligence; Emotional Intelligence; Scouting EducatioAbstract
Masyarakat memiliki anggapan secara umum bahwa kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik itu yang nilainya bagus juara kelas, padahal banyak sekali kecerdasan lain yang terabaikan. Ada beberapa kecerdasan itu adalah kecerdasan interpersonal dan emosioanal. Cara mengasah kecerdasan interpersonal dan emosional ini salah satunya melalui kegiatan kepanduan. Tujuan untuk diadakan penelitian ini bahwa bagaimana cara mengasah kecerdasan interpersonal dan emosional melalui kegiatan kepanduan dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Di dalam proses wawancara peneliti mendapatkan data dari humas, waka kesiswaan dan pembina pendidikan kepanduan, dan para peserta didik. Teknik analisis data dengan mereduksi data, mendisplay data, dan memverifikasi data. Teknik dalam keabsahan data dengan memperpanjang keikut serta, dan triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan kepanduan untuk mengasah kecerdasan interpersonal dan emosional sangat terbukti terasah. Faktor penghambatnya: tidak semua siswa kelas 10 mengikuti kegiatan kepanduan, harus mengontrol setiap kelas. Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah: adanya dukungan dari guru, dan orangtua, siswa akan termotivasi, dapat mengamalkan tristaya dan dasadarma pramuka. Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal; Kecerdasan Emosional; Pendidikan Kepanduan.Downloads
References
Anastasi, A. & Urbina, S. 1997.
Psychology testing (7th ed.
International Edition).
Singapore: Prantice Hall.
Albi Anggito & Johan Setiawan,
Metodologi Penelitian
Kualitatif, (Jawa Barat: Jejak
Publisher, 2018), 7.
Gardner, Hadi. Multiple
Intellegences Kecerdasan
Majemuk teori dan
Praktek,Terjemahan
Alexander Sindoro, Batam
Centre: Interaksa, 2003.
Gardner, H. Multipple Intelligence.
Interaksara, Tanggerang.
Lwin, May, dkk. Cara Membangun
Berbagai Komponen
Kecerdasan. Yogyakarta:
Indeks. 2008.
Rijali, A, (2018). Analisis Data
Kualitatif. Albardharah:
Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33),
-95.
Reza Syhema Bahtiar,
Pengembangan
Kepramukaan, (Surabaya:
Uwks, Press, 2018). 28.
Santria Aji Purwoko, hello sehat,
Kementrian Kesehatan
Republik Indonesia, 22-05-
Sugiyono, Metodologi Penelitian,
Sugiyono, Memahami Penelitian
Kualitatif, 2020.
Spradly James, Participant
Observation, Holt, Rinehart
and Winston, 1980.
Sprdley James, Participant
Observation, Holt, Rinehart
and Winston, 1980.
Undang-undang Republik
Indonesia Nomor 12 Tahun
Pasal 1.Safaria, Interpersonal
Intelligences: Metode
Pengembangan
Interpersonal Anak,
Yogyakarta: Amara Books,
. 23.
Safaria, T. 2005 Interpersonal
Intelligence. Yogyakarta:
Amara Books.
Wiersma William, Research
Methdos in Education; An
Introduction; Forth Edition;
Allyn and Bacon Inc; Boston,
London, Sydey, Toronton;
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.