PENDIDIKAN KEPANDUAN DALAM MENGASAH KECERDASAN INTERPERSONAL DAN EMOSIONAL

Authors

  • Nurul Ita Syavira Universitas Hasyim Asy'ari
  • Asriana Kibtiyah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13772

Keywords:

Interpersonal Intelligence; Emotional Intelligence; Scouting Educatio

Abstract

Masyarakat memiliki anggapan secara umum bahwa kecerdasan yang dimiliki oleh peserta didik itu yang nilainya bagus juara kelas, padahal banyak sekali kecerdasan lain yang terabaikan. Ada beberapa kecerdasan itu adalah kecerdasan interpersonal dan emosioanal. Cara mengasah kecerdasan interpersonal dan emosional ini salah satunya melalui kegiatan kepanduan. Tujuan untuk diadakan penelitian ini bahwa bagaimana cara mengasah kecerdasan interpersonal dan emosional melalui kegiatan kepanduan dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Di dalam proses wawancara peneliti mendapatkan data dari humas, waka kesiswaan dan pembina pendidikan kepanduan, dan para peserta didik. Teknik analisis data dengan mereduksi data, mendisplay data, dan memverifikasi data. Teknik dalam keabsahan data dengan memperpanjang keikut serta, dan triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan kepanduan untuk mengasah kecerdasan interpersonal dan emosional sangat terbukti terasah. Faktor penghambatnya: tidak semua siswa kelas 10 mengikuti kegiatan kepanduan, harus mengontrol setiap kelas. Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah: adanya dukungan dari guru, dan orangtua, siswa akan termotivasi, dapat mengamalkan tristaya dan dasadarma pramuka. Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal; Kecerdasan Emosional; Pendidikan Kepanduan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasi, A. & Urbina, S. 1997.

Psychology testing (7th ed.

International Edition).

Singapore: Prantice Hall.

Albi Anggito & Johan Setiawan,

Metodologi Penelitian

Kualitatif, (Jawa Barat: Jejak

Publisher, 2018), 7.

Gardner, Hadi. Multiple

Intellegences Kecerdasan

Majemuk teori dan

Praktek,Terjemahan

Alexander Sindoro, Batam

Centre: Interaksa, 2003.

Gardner, H. Multipple Intelligence.

Interaksara, Tanggerang.

Lwin, May, dkk. Cara Membangun

Berbagai Komponen

Kecerdasan. Yogyakarta:

Indeks. 2008.

Rijali, A, (2018). Analisis Data

Kualitatif. Albardharah:

Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33),

-95.

Reza Syhema Bahtiar,

Pengembangan

Kepramukaan, (Surabaya:

Uwks, Press, 2018). 28.

Santria Aji Purwoko, hello sehat,

Kementrian Kesehatan

Republik Indonesia, 22-05-

Sugiyono, Metodologi Penelitian,

Sugiyono, Memahami Penelitian

Kualitatif, 2020.

Spradly James, Participant

Observation, Holt, Rinehart

and Winston, 1980.

Sprdley James, Participant

Observation, Holt, Rinehart

and Winston, 1980.

Undang-undang Republik

Indonesia Nomor 12 Tahun

Pasal 1.Safaria, Interpersonal

Intelligences: Metode

Pengembangan

Interpersonal Anak,

Yogyakarta: Amara Books,

. 23.

Safaria, T. 2005 Interpersonal

Intelligence. Yogyakarta:

Amara Books.

Wiersma William, Research

Methdos in Education; An

Introduction; Forth Edition;

Allyn and Bacon Inc; Boston,

London, Sydey, Toronton;

Downloads

Published

2024-06-08