OPTIMASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN PERALATAN LISTRIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING DI SMK NEGERI 1 KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13752Keywords:
Experiential Learning Model, Optimization of Learning Outcomes, Class Action ResearchAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya capaian belajar siswa kelas 11 jurusan instalasi tenaga listrik pada subjek pemeliharaan dan perbaikan peralatan listrik pada SMK Negeri 1 Kediri, namun demikian berbagai strategi pembelajaran yang telah dilaksanakan belum mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan siswa kelas 11 jurusan hasil belajar instalasi tenaga listrik dan kelengkapan mata pelajaran perawatan dan perbaikan peralatan listrik melalui penerapan model experiential learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggart, instrumen pengumpulan data dengan observasi dan penilaian serta analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil, penerapan model experiential learning mengalami peningkatan ketuntasan belajar siswa kelas 11 dengan ketuntasan pra siklus sebesar 44% pada siklus tinju, menjadi 88% pada siklus II. Skor rata-rata juga meningkat dari 69,84 pada siklus pra menjadi 75,08 pada siklus pertama dan menjadi 81,52 pada siklus kedua. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model experiential learning pada matakuliah pemeliharaan dan perbaikan peralatan listrik meningkatkan hasil belajar dan ketuntasan siswa kelas 11 jurusan instalasi tenaga listrik pada SMK Negeri 1 Kediri.Downloads
References
Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran (Aziz. Safa, Ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif (1st ed.). Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fitriyah, K., Arif, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di Smk Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Ilmiah Edutic Universitas Trunojoyo, 6.
Kompri. (2017). Belajar : faktor-faktor yang mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Saguni, Fatimah. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar (Ismoyo, Ed.). Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (6th ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Winarto, B. (2021). Penerapan Pembelajaran Experiential Learning pada pelajaran Matematika SMK Negeri 3 Probolinggo. Jurnal Pedagoy Universitas Panca Marga , 8.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.