PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERCERITA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA TIGO NAGARI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13742Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan bercerita anak masih kurang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan poop-up book terhadap kemampuan bercerita anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa TK Negeri Pembina Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Sampel yang saya gunakan adalah kelas B1 (kelas eksperimen) dan B2 (kelas kontrol), masing-masing kelas berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data bersifat eksperimental. Berdasarkan analis data, rata-rata skor sebelum dan sesudah tes kelompok eksperimen adalah 8,75 dan 14,75. Sedangkan pada kelompok kontrol, rata-rata skor sebelum dan sesudah tes adalah 8 dan 11,6. Saat pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel independen diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku pop-up terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan bercerita anak.Downloads
References
ALVIOLITA, N. W., & HUDA, M. (2019). Media Pop Up Book Dalam Pembelajaran Bercerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 49. https://doi.org/10.30659/j.7.1.49-57
Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741
Azhari, S. (2021). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Lembaga Paud Meraje Gune. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 181–197.
Cahyani, D., & Sari, M. (2020). Penggunaan Media Pop Up Book Dalam Menanamkan Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jcmc, 5(1), 73–86.
Cameron, L. (2001). Teaching languages to young learners. Cambridge university press.
Conti-Ramsden, G., & Durkin, K. (2012). Language development and assessment in the preschool period. Neuropsychology Review, 22(4), 384–401. https://doi.org/10.1007/s11065-012-9208-z
Dacholfany, M. I., & Hasanah, U. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Amzah.
Eka Putri, A. B., & Kamali, N. A. (2023). Perkembangan Berbicara Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 35–45. https://doi.org/10.30631/smartkids.v5i1.131
Eliza, D., & Sakdiah, H. (2021). Pelaksanaan Perkembangan Bahasa pada Balita di Taman Penitipan Anak Twin Course Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 647–650.
Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326
Erste Sohn Chandra, W., & Eliza, D. (2020). Pengaruh Permainan Magic Card terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 820. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.460
Hanifah, D. P., Wibowo, S., Wardani, K. D. K. A., Budiyono, A., Pratama, M. P., Sari, M. N., & Maliki, R. Z. (2023). TEORI DAN PRINSIP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN. Pradina Pustaka.
Lauroza, S. P. (2019). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Di Tk Islam Daud Kholifahtulloh Tabing Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1). https://doi.org/10.24036/104540
Lestari, I. (2018). Analisis Awal Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.10
Ma, M.-Y., & Wei, C.-C. (2016). A comparative study of children’s concentration performance on picture books: age, gender, and media forms. Interactive Learning Environments, 24(8), 1922–1937.
Mahabbati, A. (2013). Language And Mind Menurut Vygotsky, Aplikasi terhadap Pendidikan Anak dan Kritiknya. In Jurnal Pendidikan Edukasia: Vol. II (Issue 2, pp. 1–14).
McLeod, S., Harrison, L. J., & Wang, C. (2019). A longitudinal population study of literacy and numeracy outcomes for children identified with speech, language, and communication needs in early childhood. Early Childhood Research Quarterly, 47, 507–517.
Nurgiyantoro, B. (2016). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompentensi.
Putri, M. A., Arifin, F., & Hadziq, A. (2020). Stimulasi Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Islamic Early Childhood Education, 1(1), 55–71.
Sumarseh, & Eliza, D. S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part in Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 65–75.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: pengantar dalam berbagai aspeknya. Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.