IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SDN DEWISARI III TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Nina Erma Januarsih PAI FAI Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iwan Hermawan PAI FAI Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida PAI FAI Universitas Singaperbangsa Karawang

Keywords:

Contextual Taeching and learning, Pendidikan Agama Islam, SD Dwisari III

Abstract

Kajian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Konsep Contextual Learning ini adalah program belajar yang mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan dengan penerapan dalam kehidupan nyata. Konsep ini dinilai cocok dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Namun, untuk mewujudkannya dibutuhkan 7 komponen dalam konsep. Dalam pembelajaran Agama Islam di Sekolah Dasar memerlukan perhatian lebih terutama dalam sinkronisasi antara teori yang dipelajari dengan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif lapangan dan menggunakan dua pendekatan, yakni pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Kajian ini menunjukan bahwa: (1) Implemantasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Dewisari III Kabupaten Karawang pada kelas I, II, dan III belum maksimal karena masih ada beberapa komponen pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) yang belum bisa diterapkan. Sedangkan pada kelas IV, V, dan VI sudah berjalan dengan maksimal karena semua komponen pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) berhasil deterapkan. (2) Persoalan yang muncul dalam implementasi pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Dewisari III Kabupaten Karawang yakni terletak pada segi peserta didik yang biasanya kurang fokus dan cenderung mudah bosan, dan untuk mengatasi persoalan tersebut guru dituntut untuk bisa mengkondisikan kelas dan harus kreatif dalam mengelola kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfan, F. (2019). Manajemen Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pesantren Modern Darul ’Ulum Kota Banda Aceh. Serambi Edukasi, 3(1), 53–61.

Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. 28–38.

Dr.Fauzan, M. . (2017). Kurikulum & Pembelajaran. In Вестник Росздравнадзора (Vol. 4, Issue 1).

Furchan, A. (2019). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan.

Gmbh, S. B. H. (2016). Strategi Pembelajaran.

Hamid Darmadi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial, 2, 206–229.

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasinya. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Munir, M. (2020). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI di MTsN Kunir Blitar. 12(2004), 6–25.

Panjaitan, R. (2017). Metodologi Penelitian. In Jusuf Aryani Learning.

Rahmah, Y. Y., Azmin, N., & Nasir, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Viii Smp Negri 6 Kota Bima. Oryza ( Jurnal Pendidikan Biologi ), 8(2), 40–46. https://doi.org/10.33627/oz.v8i2.296

Taruna, M. M. (2016). Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Negeri I Pontianak. Analisa, 15(02), 1. https://doi.org/10.18784/analisa.v15i02.330

Umi, S., Ulfa, K., & Hidayah, K. (n.d.). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar Islam.

Downloads

Published

2024-05-21