ANALISIS PENERAPAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDN 97/IV KOTA JAMBI SEBAGAI PERWUJUDAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Anjaly Puspita Dewi Universitas Jambi
  • Diana Trisia Levie Diana Universitas Jambi
  • Astiara Steviana Universitas Jambi
  • Gita Angraini Universitas Jambi
  • Rafki Imani Universitas Jambi
  • Rifki Afredol Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13696

Keywords:

Nilai Keagamaan, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai keagamaan di SDN 97/IV Kota Jambi sebagai perwujudan profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di SDN. 97/IV Kota Jambi telah menerapkan nilai keagamaan melalui berbagai kegiatan dan program yang dicanangkan oleh sekolah. Nilai keagamaan atau dimensi profil pelajar Pancasila merupakan dimensi beriman, bertaqwa pada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di SDN 97/IV Kota Jambi, yang dapat dilihat dari kegiatan pembiasaan yang membiasakan sholat Duha berjama’ah, membiasakan pembacaan yasin, sholawat, dan do’a bersama setiap hari Jum’at, mendoakan peserta didik yang sedang sakit, penampilan da’i cilik dari masing-masing perwakilan kelas dan pembelajaran tahfidz qur’an sebagai tambahan kegiatan ekstrakurikuler SDN 97/IV Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar; Cv. Syakir Media Press.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.

Nugraha, T.S. (2022). Kurikulum Merdeka Untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI, 19(2).

Nurhantara, Y. R., & Ratnasari Dyah Utami. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Merdeka Belajar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 736–746.

Ristiyanto,Gusfan, dkk. (2023). Analisis Kebiasaan Baik Dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila SDN Gayamsari 02 Semarang. Fahima:Jurnal Pendidikan dan Kajian Islam, 2(2).

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung; Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-03