ANALISIS PENERAPAN KEGIATAN KEAGAMAAN DI SDN 97/IV KOTA JAMBI SEBAGAI PERWUJUDAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13696Keywords:
Nilai Keagamaan, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan nilai keagamaan di SDN 97/IV Kota Jambi sebagai perwujudan profil pelajar pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di SDN. 97/IV Kota Jambi telah menerapkan nilai keagamaan melalui berbagai kegiatan dan program yang dicanangkan oleh sekolah. Nilai keagamaan atau dimensi profil pelajar Pancasila merupakan dimensi beriman, bertaqwa pada Tuhan yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia di SDN 97/IV Kota Jambi, yang dapat dilihat dari kegiatan pembiasaan yang membiasakan sholat Duha berjama’ah, membiasakan pembacaan yasin, sholawat, dan do’a bersama setiap hari Jum’at, mendoakan peserta didik yang sedang sakit, penampilan da’i cilik dari masing-masing perwakilan kelas dan pembelajaran tahfidz qur’an sebagai tambahan kegiatan ekstrakurikuler SDN 97/IV Kota Jambi.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Abdussamad, Zuchri. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makasar; Cv. Syakir Media Press.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Nugraha, T.S. (2022). Kurikulum Merdeka Untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI, 19(2).
Nurhantara, Y. R., & Ratnasari Dyah Utami. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Merdeka Belajar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 736–746.
Ristiyanto,Gusfan, dkk. (2023). Analisis Kebiasaan Baik Dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila SDN Gayamsari 02 Semarang. Fahima:Jurnal Pendidikan dan Kajian Islam, 2(2).
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung; Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.