PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBANTUAN QR CODE MATERI ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13695Keywords:
Kata Kunci: Pendidikan, IPA, Qr CodeAbstract
Di SDN Bulusari 3, nilai siswa di mata pelajaran IPA, khususnya materi organ gerak hewan masih rendah. Hal ini dikarenakan pada saat pembelajaran guru tidak memakai media pembelajaran yang konkrit dan menyenangkan, guru hanya menggunakan media buku guru dan buku siswa saja. Hal ini menyebabkan siswa bosan dan tidak semangat pada saat pembelajaran yang dapat mempengaruhi pemahaman dan keaktifan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SDN Bulusari 3 setelah menggunakan media monopoli berbantuan Qr Code materi organ gerak hewan. Setelah melakukan penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut :Media Monopoli Berbantuan Qr Code Materi Organ Gerak Hewan setelah divalidasi oleh ahli media dan materi dinyatakan valid dengan mendapatkan skor rata-rata 85,4%. Media dinyatakan praktis valid dengan mendapatkan skor rata-rata 94,7%. Media dinyatakan efektif. dengan mendapatkan skor rata-rata 95%.Downloads
References
Listyawati , Ni Nym, M. S. D. N. S. (2013, July 3). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. Mimbar PGSD. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.p hp/JJPGSD/article/view/779
Wibawanto, W (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran
Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.
Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Rozak, A., Darmadi, & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sasa-Aura untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik SMK Cendekia Madiun masih menjadi momok bagi peserta oleh peserta didik adalah persamaan dengan media. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 31–50. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1267
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.