PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBANTUAN QR CODE MATERI ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Salsabila Yumni Izzati PGSD Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurita Primasatya PGSD Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Abdul Aziz Hunaifi PGSD Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13695

Keywords:

Kata Kunci: Pendidikan, IPA, Qr Code

Abstract

Di SDN Bulusari 3, nilai siswa di mata pelajaran IPA, khususnya materi organ gerak hewan masih rendah. Hal ini dikarenakan pada saat pembelajaran guru tidak memakai media pembelajaran yang konkrit dan menyenangkan, guru hanya menggunakan media buku guru dan buku siswa saja. Hal ini menyebabkan siswa bosan dan tidak semangat pada saat pembelajaran yang dapat mempengaruhi pemahaman dan keaktifan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V SDN Bulusari 3 setelah menggunakan media monopoli berbantuan Qr Code materi organ gerak hewan. Setelah melakukan penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut :Media Monopoli Berbantuan Qr Code Materi Organ Gerak Hewan setelah divalidasi oleh ahli media dan materi dinyatakan valid dengan mendapatkan skor rata-rata 85,4%. Media dinyatakan praktis valid dengan mendapatkan skor rata-rata 94,7%. Media dinyatakan efektif. dengan mendapatkan skor rata-rata 95%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Listyawati , Ni Nym, M. S. D. N. S. (2013, July 3). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. Mimbar PGSD. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.p hp/JJPGSD/article/view/779

Wibawanto, W (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran

Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Rozak, A., Darmadi, & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sasa-Aura untuk Meningkatkan Prestasi Peserta Didik SMK Cendekia Madiun masih menjadi momok bagi peserta oleh peserta didik adalah persamaan dengan media. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 31–50. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/1267

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Downloads

Published

2024-07-02