ANALISIS PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI GERAKAN, GELOMBANG, DAN CAHAYA PADA KELAS 8A DAN 8B SMPN 2 SEMPU

Authors

  • Najma Fatimatuz Zakiyah Universitas Jember
  • Nilna Ulfia Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13687

Keywords:

Pembelajaran, Gerakan, Gelombang, Cahaya

Abstract

Pembelajaran adalah proses yang bertujuan untuk mengubah perilaku melalui interaksi antara peserta didik dan lingkungannya. Pendidikan di Indonesia terdiri dari beberapa tingkatan, salah satunya adalah Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang harus dilalui sebelum melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu Sekolah Menengah Atas (Ridho, 2020). Penelitian ini dilakukan secara murni yang bertujuan untuk menganalisis pembelajaran IPA pada materi gerakan, gelombang, dan cahaya pada kelas 8 SMPN 2 Sempu tahun ajaran 2023/2024 yang dilakukan tanpa rekayasa. Penelitian yang dilakukan menggunakan 8 sampel dari kelas 8A dan 8B dengan total respondent 16 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu 20 soal mengenai materi gerakan, gelombang, dan cahaya dan juga 8 pertanyaan refleksi untuk mengetahui kendala siswa dalam memahami materi gerakan, gelombang, dan cahaya. Soal dan pertanyaan refleksi dikerjakan melalui google formulir yang dilakukan di ruang lab komputer setelah pembelajaran materi gerakan, gelombang, dan cahaya. Metode penelitian yang digunakan adalah data kuantutatif dengan teknik analisis dan survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA pada materi gerakan, gelombang, dan cahaya di kelas 8 SMPN 2 Sempu belum sepenuhnya efektif. Faktor-faktor yang mempengaruhi meliputi kurangnya pemahaman konsep, keterbatasan waktu, serta penggunaan metode pembelajaran yang belum mendukung. Oleh karena itu, disarankan agar guru meningkatkan pemahaman konsep melalui pendekatan yang lebih variatif dan memperhatikan waktu pembelajaran secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darwis, R., M. R. Hardiansyah. 2021. Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual PHET Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplkasi Pendidikan Fisika. 7 (2):271-277.

Heriyanto, H., D. P. Lestari. 202. Implementasi Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran IPA Melalui Pemanfaatan Bahan Ajar Elektronik. Jurnal Pembangunan Pendidikan. 9 (1):49-57.

Huda. C., F. Reffiane, H. J. Saputra. 2024. Paradigma Pembelajaran IPA Berbasis Proyek Berdiferensiasi. Jakarta : Kemendikbudristek.

Ilhami, A., N. D. Permana. 2023. TPACK dalam Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal. Sukabumi : CV. Jejak.

Juliya, M., Y. T. Herlambang. 2021. Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Genta Mulia. 12(1): 1-9.

Nisa’i, S. H., H. Syofyan, U. Hotimah, dan R. Nurhayati. 2022. Pengaruh Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPA di Kelas Rendah dan Tinggi. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin. 5(01):258-261.

Ridho, A. 2020. Deskripsi Sikap Siswa dalam Mata Pelajaran IPA di SMP IT Ashidiqi. Journal Evaluation in Education. 1 (2):73-77.

Wisudawati, A. W., E. Sulistyowati. 2022. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara

Downloads

Published

2024-05-20