ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PERIODIC TABLE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SMPN 3 SEMPU
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13684Keywords:
Aplikasi, Efektivitas, Metode, PendidikanAbstract
Variasi pembelajaran di era globalisasi menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik khususnya guru. Variasi media pembelajaraan kini menjadi tantangan bagi guru untuk menarik minat belajar siswa, karena guru harus menyesuaikan kebutuhan siswa yang semakin beragam. Pemahaman konsep IPA dengan media yang kurang bervariasi berakibat, siswa menjadi bosan dengan pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, kami membuat terobosan baru agar pemahaman siswa meningkat dan pembelajaran menjadi lebih efektif. Metode penelitian ini menggunakan pengumpulan data secara kualitatif dengan cara memberikan angket pada siswa. Penelitian ini berfokus pada siswa kelas 8A SMPN 3 SEMPU. Variasi media pembelajaran kami suguhkan dengan pemanfaatan aplikasi android “periodic table” yang dapat di download pada handphone masing-masing siswa. Pemanfaatan aplikasi ini kami harap dapat menarik minat belajar siswa dan pembelajaran menjadi lebih efektif.Downloads
References
Hafzah, N. K, P, Amalia. E, Lestari. N, Annisa. U, Adiatmi, M, F, Saifuddin. (2020). Meta-analisis efektivitas penggunaan media pembelajaran digital dalam peningkatan hasil dan minat belajar biologi peserta didik di era revolusi 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(04), 541-549. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/8958
Kasman.S , Siaulhak, Kurniadi.K (2022). Media Pembelajaran Unsur Kimia Pada SMP NEGERI 3 Kota PALOPO. Jurnal Ilmu Information Technology d'Comoputare, 12(1), 42-47. https://dcomputare.org/index.php/jurnal/article/view/43/43
Kharbach, Med. (2024, Februari). Best Periodic Table Apps. Best Periodic Table Apps - Educators Technology
Khoiriyah, S dan Pitaloka, D. A (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. https://proceedings.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/54/46
Kusuma, A. M. dan Mahardi P (2021). Analisis Deskriptif Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran E- Modul Interaktif Berbasis Software Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 07(02), 1-11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kajian-ptb/article/view/42726/36708
Susilawati, S. (2022). Pemahaman Konsep Ipa Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(1), 64-85. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/540/898
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.