IMPLEMENTASI METODE IQRO DAN UMMI DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (DTA) AL-IKHLAS DESA KONDANG JAYA KECAMATAN KARAWANG TIMUR KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13682Abstract
An important aspect of Muslim education is Islamic religious education, which aims to instill religious values and principles in everyone. The Iqro and Ummi methods are used to improve Islamic learning in various environments. The aim of this research is to show how the iqra and Ummi methods are used in learning the Koran at SDIT Nurul Islam Tengaran, with a focus on application. Qualitative research can tell researchers that the Iqro and Ummi Method is a way to improve Islamic Religious Education learning in various environments. This can motivate other teachers to try using this method in Islamic religious education. This study found that the use of the Iqro and Ummi methods in Islamic religious education in the Al-Ikhlas DTA, Kondang Jaya Village improved the quality of learning and students' understanding of the Islamic religion. Keywords: Islamic Religious Education, Method, Ummi and IqraDownloads
References
Buku :
Agus Yudiawan. (2018). Konsep Manajemen Pesantren Pada Masyarakat Marginal. Al Fikr, VIII.
Latifah, H. (2018). Efektivitas Metode Tsaqifa dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di SMK Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 1-14.
Adi Sudrajat. (2018). Pesantren Sebagai Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan.
Agus Yudiawan. (2018). Konsep Manajemen Pesantren Pada Masyarakat Marginal. Al Fikr, VIII.
Fadjryana Fitroh, S., Jannah, R., Wulani Fajar, Y., Faridatun Nisa, T., & Busyro Karim, M. (2018a). Early Childhood Education Journal of Indonesia Penggunaan Metode Iqro’ untuk Anak Usia Dini. Eceji, 1(1).
Jurnal :
Arifin, Z. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Al-Qur'an dengan Metode Iqro' di TPA Solokuro Lamongan. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 10(1), 1-12.
Adi Sudrajat. (2018). Pesantren Sebagai Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan.
Ali, R. (2018). Efektifitas Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Mmbaca Al Quran Siswa SDIT Bunayya Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1).
Ar, M. (2017). Efektivitas Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Auladi Tangga Takat Plaju. Dalam Skripsi.
` A., ’ S., & Pulungan, M. (2018). BUKU AJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE IQRO UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR: TEMATIK IPA, IPS, DAN KESENIAN. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.800
Ayatullah, A. (2018). Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Arrohmaniyah NW Senyiur. PALAPA, 6(2). https://doi.org/10.36088/palapa.v6i2.67
Binti Ida Umaya. (2017). PELAKSANAAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA MI KRESNA DOLOPO MADIUN. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01.
Buska, W., Prihartini, Y., & Hasnah, N. (2018). Analysis of Students’ Arabic Proficiency for Vocabulary Mastery in State Islamic Junior High School in Muaro Jambi. INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies, 18(1). https://doi.org/10.30631/innovatio.v18i1.40
Fadjryana Fitroh, S., Jannah, R., Wulani Fajar, Y., Faridatun Nisa, T., & Busyro Karim, M. (2018b). Penggunaan Metode Iqro’ untuk Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(1).
Fauzan, A., Arwani, I., & Fanani, L. (2018). Pembangunan Aplikasi Iqro’ Berbasis Android Menggunakan Google Speech. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(1).
Hadinata, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ummi terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia 7-13 Tahun Di Desa TenigaKecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. TA’DIB : Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-isu Sosial, 19(1).
Hakim, L., & Hafidhuddin, D. (2019). Perbandingan pembelajaran membaca Al-Qur’an Metode Sedayu dan Metode Iqro pada usia anak-anak. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1523
Hasunah, U. (2017). Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Alquran pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang. Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN: 2550-1038), Vol. 1, No. 2.
Hayati, E. R. (2019). Implementasi Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Sdit Darojaatul‘Uluum. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12).
H. Dadang Supardan. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1).
Hermansyah, H., & Julaeha, S. (2020). METODE PEMBIASAAN BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL ISTIQOMAH. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah dan Tasawuf, 2(1). https://doi.org/10.53401/iktsf.v2i1.12
Hernawan, D. (2019). PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN. Profetika: Jurnal Studi Islam, 19(1). https://doi.org/10.23917/profetika.v19i1.7751
Hidayat, T., & Syafe’i, M. (2018). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Mutu Pembelajaran. Journal of Islamic Education Studies, Volume III(2).
Hilmi, A. H. (2018). Pengaruh motivasi guru terhadap kompetensi guru dalam mewujudkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam. Khazanah Akademia, 2(1).
Hindatulatifah, H. (2018). PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR AL- QUR’AN DENGAN METODE DAN BAHAN AJAR IQRO’ BRAILLE PADA SISWA KELAS III SDLB–A YEKETUNIS YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2). https://doi.org/10.14421/jpai.2017.142-03
Ihsan Siregar, I. (2018). Penerapan Metode iqro’ dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan membaca Al-Qur’an murid MDA Muhammadiyah Bonan Dolok. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 3(1). https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.370
Ismail, S. (2018). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 11 MAKASSAR. Al-Qalam, 16(2). https://doi.org/10.31969/alq.v16i2.479
Junaidin Nobisa, & Usman. (2021). Pengunaan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 4(1). https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v4i1.110
Jusnaini, J. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. el-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 1(2). https://doi.org/10.24014/ejpe.v1i2.5524
Kadir, P. M. (2020). PEMBELAJARAN 3 BAHASA DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH (DTA) KELURAHAN CIPADUNG -KOTAMADYA BANDUNG. Metahumaniora, 10(3). https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v10i3.30562
Milah, A. I. S. (2020). Pemembelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah ( Mdta ). Dalam At-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 2, Nomor 2).
Mukhlison, Moch. (2018). Tantangan Modernisme Pendidikan Agama Islam dari Konservatisme. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2). https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.605
Mumtahanah, M. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Perilaku Menyimpang Siswa. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(01). https://doi.org/10.26618/jtw.v3i01.1378
Munir. (2018). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Kitab Kuning dan Signifikansinya dengan Karakter Siswa SMA Ahmad Yani 2 Baureno Bojonegoro. E
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.