PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV SDI WAHID HASYIM

Authors

  • Nurul Aryani Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Machfudzil Asror Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13681

Keywords:

model pembelajaran, Team Games Tournament, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian dilakukan di SDI Wahid Hasyim Sidoarjo, dimana saat dilakukan observasi dikelas IV menunjukkan kurang aktif dan kritis pada peserta didik selama proses pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik peneliti menerapkan model pembelajaran team games turnamen berupa petualangan bersama peta. Sampel penelitian terdiri dari 27 peserta didik kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif deengan desaign One Group Pre-test Post-test dengan masing-masing 5 soal berbeda. Soal Pre-test dilakukan dengan memberikan cerita pendek tanpa penerapan model pembelajaran TGT, sedangkan Post-test diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran TGT. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data pada pre-test 0,196 dan post-test 0,026 dalam nilai signifikan yang teruji normal. Hasil uji Paired Sampel T-test menunjukkan nilai Sig. sebesar 0.001<0.05, hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemapuan berpikir kritis atara pre-test dan post-test. Rata-rata nilai pre-test adalah 37,22, sedangkan post-test 87,59. Hal tersebut menunjuukan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran TGT terhadap kemampuan berpikir peserta didik kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buhari. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Globlisasi Siswa Kelas IX-U SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran 2022/2023.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 3(1):57–68. doi: 10.53299/jppi.v3i1.290.

Dasar, Direktorat Sekolah. 2023. “Kurikulum Merdeka.” Media Center Direktorat Sekolah Dasar. Retrieved December 23, 2023 (https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka).

Hendracita, Nana. 2021. Model Model Pembelajaran SD. edited by Adpani. Bandung: Multikreasi Press.

Kusumawati, Erlina Dewi, Uci Ulfa Nur’afifah, and Arifian Dimas. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Di SD Negeri Tempuran 1.” Global Education 1(3):17–26.

Lismaya. 2019. Berpikir Kritis & PBL (Problem Based Learning). edited by N. Azizah. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Maryam, Maryam, Kusmiyati Kusmiyati, I. Wayan Merta, and I. Putu Artayasa. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.” Jurnal Pijar Mipa 15(3):206–13. doi: 10.29303/jpm.v15i3.1355.

Rahayu, Restu, Sofyan Iskandar, and Yunus Abidin. 2022. “Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia.” Jurnal Basicedu 6(2):2099–2104. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2082.

Ramdani, Agus, A. Wahab Jufri, Jamaluddin Jamaluddin, and Dadi Setiadi. 2020. “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6(1):119. doi: 10.29303/jppipa.v6i1.388.

Rizqi, Muhammad Dwi Anwai, and Ima Mulyawati. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Terhadap Kemampuan Kerpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran PPKn Materi Keragaman Sosial Dan Budaya Di SDN Jatiranggon II.” COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) 6(1):131–36. doi: 10.22460/collase.v1i1.16373.

Salim, Satriwan. 2022. “Pendidikan Pancasila Di Kurikulum Merdeka.” PT Kompas Media Nusantara. Retrieved March 7, 2024 (https://www.kompas.id/baca/artikel-opini/2022/02/21/pendidikan-pancasila-di-kurikulum-merdeka).

Setyorini, Bambang S. Sulasmono, and Henny Dewi Koeswanti. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams- Gamestournament (TGT) Dan Metode Ekspositori Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas XI MAN Temanggung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013.” Satya Widya 29(1):58. doi: 10.24246/j.sw.2013.v29.i1.p58-64.

Silalahi, Grace Dewi Auci, Indah Purnama Sari Dalimunthe, Sari Utami, and Yosua Steven Malau. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kerjasama Tim.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 1(4):348–64.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 2nd ed. edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta.

Vhalery, Rendika, Albertus Maria Setyastanto, and Ari Wahyu Leksono. 2022. “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur.” Research and Development Journal of Education 8(1):185–201. doi: 10.30998/rdje.v8i1.11718.

Wiryanto, Indah Ainurrohmah, and Fajar Nur Yasin. 2021. “Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Masa Pembelajaran Online Pandemi Covid-19.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 7(3):186–93. doi: 10.26740/jrpd.v7n3.p186-193.

Downloads

Published

2024-05-21