EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SD

Authors

  • Lia Dwinurani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Henny Dewi Koeswanti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13679

Keywords:

CIRC, TTW, Keterampilan Menulis

Abstract

Keterampilan menulis puisi siswa masih belum optimal, menjadi fenomena yang perlu diperhatikan. Model pembelajaran seperti Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) telah terbukti cocok untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis puisi. Selain itu, pengimplementasian model pembelajaran Think Talk Write (TTW) juga menunjukkan potensi untuk melibatkan serta meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran. Namun, keterbatasan penelitian yang relevan tentang penerapan model-model kooperatif seperti CIRC dan TTW menjadi kedua model tersebut masih kurang dikenal dikalangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan model pemeblajaran Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis puisi siswa SD. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental design) dengan membandingkan dua kelas eksperimen yang berbeda.. analisis dilakukan melalui uji beda antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran CIRC dan TTW terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD, sebagaimana terbukti dari nilai Uji-t sebesar 7.148, dimana Fhitung >Ftabel (7.148>0.3246) dan sig(2-tailed) <0.05 (0.000 < 0.05). temuan penelitian juga menegaskan bahwa model pembelajaran CIRC lebih efektif dibandingkan model TTW dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V, sebagaimana terlihat dari peningkatan nilai posttest yang lebih tinggi. Dengan demikian, dalam konteks penelitian ini, disarankan untuk lebih memperhatikan penggunaan model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan keterampilan menulis puisis siswa SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febriyanto, B., (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), pp.90-102.

Gusti, Y. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Whole Languange dengan Teknik Menulis Jurnal. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan UNJ, 28(1)

Hendrisman, H., Yuhasnil, Y. and Hasmi, L., (2023). Penggunaan Model Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Menulis Artikel. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 6(2), pp.275-286.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Maulidah, T., (2020). Peningkatan keterampilan menulis puisi dengan media gambar. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 2(01), pp.64-70.

Prayitno, H.W., (2013). Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik inkuiri dan latihan terbimbing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2).

Riadi, M., (2022). Keterampilan Menulis.Kajian Pustaka. Diakses 11 Juli 2023. Dari https://www.kajianpustaka.com/2022/11/keterampilan-menulis.html?m=1

Saepuloh, M.F., Nurwahidah, L.S. and Kartini, A., (2021). Media Pembelajaran Podcast Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah, 10(2), pp.107-116.

Downloads

Published

2024-05-20