PENERAPAN MEDIA PERMAINAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IX-K SMP NEGERI 29 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13669Keywords:
cooperative learning model, Team Games Tournament, learning outcomesAbstract
This research was conducted at SMP Negeri 29 Surabaya, where it is known that the problem faced by students is still low learning outcomes in Social Science lessons, so this research tries to provide solutions to the problems faced in SMP Negeri 29 Surabaya with the aim of improving student learning outcomes through the application of a cooperative learning model of the Teams Games Tournament (TGT) type as an effort to improve student learning outcomes in classes IX-K SMP Negeri 29 Surabaya in the even semester of the 2023/2024 academic year. The results showed that the implementation of the cooperative learning model of the teams games tournament (TGT) type had a positive impact on improving the learning outcomes of students in class IX K in social studies subjects. In cycle I, students who obtained complete learning outcomes amounted to 66% and in cycle II, students who obtained complete learning outcomes amounted to 80%. The Team Games Tournament (TGT) Type Cooperative Learning Model can improve the learning outcomes of students in class IX K SMP Negeri 29 Surabaya.Downloads
References
Aditya, U. B. W. (2022). Implementasi Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar. 88–97.
Afnanda, M. (2023). Menelaah kembali teori belajar dan gaya belajar. 01.
AGNES, N. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII B SMP NEGERI 01 SEKADAU HULU. (pp. 11–33). IKIP PGRI PONTIANAK.
Agustin Sukses Dakhi. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. 8(2), 468–470.
Agustryani, R., Herliana, M. N., & Soraya, N. (2020). Pengaruh Model Team Game Tournament ( TGT ) Terhadap Peningkatan Responsibility siswa dalam Pembelajaran Penjas Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya. 05(1), 30–34.
Arikunto, S., Suhardjono, & Suryani. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara.
Arlinda, F. M. ; F. D. P. ; F. D. (2023). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI NGALIYAN 03 Faridatul. 1(2), 314–341.
Bandaso, H., Sinring, A., Terbuka, U., Makassar, U. N., & Terbuka, U. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. 10(2), 105–121.
Budiyani, A., Marlina, R., & Lestari, K. E. (2021). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. 8(2), 310–319.
Buhari. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament ( TGT ) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Globlisasi Siswa Kelas IX-U SMPN 1 Bolo Tahun Pelajaran. 3, 57–68.
Eni Rahayu Widyawati, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5 . 0. 10. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.667
Febri Wasono Aji, A. R. S. T. (2020). PEMBELAJARAN DASAR DRIBBLING SEPAKBOLA DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA Febri Wasono Aji *, Abdul Rachman Syam Tuasikal.
Fricticarani, A., Hayati, A., Hoirunisa, I., Rosdalina, G. M., & Bangsa, U. B. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era teknologi 5.0. 4(1), 56–68.
Hasanah Zuriatun, A. S. H. (2021). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. 1(1), 1–13.
Heri, T. (2019). Meningkatkan motivasi minat belajar siswa. 15(1), 59–79.
Hidayah, Y. N. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V SDN 01 SUMUBLOR.
Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. 5(1), 42–57.
JUNAIDA, A. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas xi ips i sma negeri arjasa menggunakan model pembelajaran team game tournament (tgt). 9(1).
Kartomy Hardiyanto Saputro, Pinkan Amita Tri Prasasti, S. R. (2023). UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PADAS PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET Kartomy. 08(September).
Khunafah, Nelud Drajatul Aliyah, D. D. (2024). Pengaruh kemandirian belajar, lingkungan belajar, dan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa sdn di desa bangeran kecamatan dukun kabupaten gresik. 8(4), 1–14.
LATIFAH, D. N. (2023). ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH DASAR. 3(1), 68–75.
Magdalena, I., Syariah, E. N., Mahromiyati, M., & Nurkamilah, S. (2021). PADA MATA PELAJARAN SBdP SISWA KELAS II SDN DURI KOSAMBI 06 PAGI. 3, 276–287.
Maulidah, N. Al, Sri, F., Dhari, W., Widodo, S. T., & Aristiyowati, H. (2023). Pengaruh Model Teams Games Tournament (TGT) dalam Mengembangkan Sikap Taat Peraturan pada Siswa Sekolah Dasar. 7(6), 3781–3792.
Muh Fadli Anugrah M , Andi Syukri Syamsuri, M. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Metode Bermain Bisik Berantai Siswa Kelas V SDI No 147 Palalakkang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar suatu pesan atau informasi kepada siswa . Siswa tersebut menyampaikan atau membisikkan kalimat tadi dengan ca. 1(4), 52–60.
Muhammad Haidar Alim, F. T. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Koperatif Tipe Investigasi terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VI SD. 3(1), 1350–1359.
Nabilla Fuji Astuti, Agus Suryana, E. H. S. (2022). Model Rancangan Pembelajaran Kooperatif Learning Team Game Tournament (TGT) pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. 2, 195–218.
Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom : Kognitif , afektif , dan psikomotorik. 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252.
Nahak, T. C., Negeri, S. M. A., & Barat, M. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Team Game Tournament ( TGT ) Pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Malaka Barat Tahun Pelajaran 2022 / 2023. 2(1).
Nasution, F., Wulandari, R., Anum, L., & Ridwan, A. (2023). Variasi Individual dalam Pendidikan. 1(1), 146–156.
Nugroho, D., Wiyandika, R., & Tindangen, M. (2024). Persepsi Peserta Didik Terhadap Implementasi Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Evaluasi Belajar Matematika pada Kelas IX SMP Negeri 1 Samarinda Pendahuluan. 1(2022), 1–7.
Nurjannah, H. K. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata pelajaran Sejarah Siswa melalui Model Pembelajaran Example dan Non Example pada Siswa SMA. 3, 36–41.
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. 03, 171–187.
Parnawi, A., Tinggi, S., Islam, A., Sina, I., & Sagena, U. (2023). Transformasi digital dalam pembelajaran (Issue August).
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 23 TAHUN 2016 (2016).
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (2005).
Pramita, K. N., Kognitif, A., Dasar, P., & Evaluasi, M. (2023). EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM RANAH ASPEK KOGNITIF PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR PADA MI ASSALAFIYAH TIMBANGREJA. 6(2), 403–411.
RIA, Y. J. N. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA PASSING KAKI BAGIAN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA A. Https://Digilib.Ikippgriptk.Ac.Id/Id/Eprint/2387/.
Rifqi, M., & Putra, H. K. (2022). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Model Team Games Tournament ( TGT ) untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Di Kelas X TKJ SMK Tamansiswa Sukoharjo Tahun Pelajaran 2021 / 2022 sebuah tuju. 7(March), 26–32.
Rina, C., Endayani, T. B., & Agustina, M. (2020). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 5(2), 150–158.
Sadiah, S., & Oktaviani, A. M. (2023). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA HASIL BELAJAR SISWA KELAS III. 4(2), 93–100.
Sanuri, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Gagnon And Collay Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Langke Rembong Available online at : 1(2), 295–303.
Sembiring, F. M. (2023). Peran Pembelajaran Kooperatif Terhadap Prestasi Akademik dan Pengembangan Keterampilan Sosial. 36–40.
Siti Izzatunnafisa Bustami, Fatchiatuzahro, A. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWI KELAS VII MTS UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR. 3(April).
Soraya, S., & Alizza, N. N. (2023). Pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar pendidikan agama islam. 6(1), 41–56.
Sridadi. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIII SMP. 5, 183–194.
Suwandi, S., & Maret, U. S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. 2001, 1–12.
Teranikha, E., Fatonah, S., & Saputro, S. A. (2024). Penggunaan Model Teams Games Tournament untuk meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. 4(April), 24–29.
Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif : Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ). Jakarta : Kencana.
Ulfah, O. A. (2023). Analisis teori taksonomi bloom pada pendidikan di indonesia. 4(1), 13–22.
Umar, M. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA. 5(2).
Wahid, A., & Hamami, T. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan. 8(1), 23–36.
Wardani, D. A. W. (2023). PROBLEM BASED LEARNING: MEMBUKA PELUANG KOLABORASI DAN PENGEMBANGAN SKILL SISWA. 4, 1–17.
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division ) dalam Pembelajaran MI. 4(1).
Yandi, A., Nathania, A., Putri, K., Syaza, Y., & Putri, K. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik ( Literature Review ). 1(1), 13–24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.