PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP LITERASI BACA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GUNUNG GANGSIR II PASURUAN

Authors

  • Vivi Lailaturohmah Vivi Lailaturohmah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Wahyu Maulida Lestari Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13665

Keywords:

media, komik, literasi membaca

Abstract

  Penelitian yang dilakukan di SDN Gunung Gangsir II Pasuruan, dimana observasi dan wawancara dengan guru kelas IV menunjukkan kurangnya minat dalam membaca karena dianggap membosankan. Untuk meningkatkan literasi membaca, peneliti merancang penggunaan media komik sebagai alat untuk memperkaya pemahaman teks dan cerita. Sampel penelitian terdiri dari 23 siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain One Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest dengan masing-masing 5 soal berbeda. Pretest dilakukan dengan memberikan cerita pendek, sedangkan posttest menggunakan media komik. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data pada pretest 0,799 dan posttest 0,126 dalam nilai signifikan yang normal. Hasil uji Paired Sampel T-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.001<0.05, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam literasi membaca antara pre-test dan post-test. Rata-rata nilai pretest adalah 54.57, sedangkan pada posttest adalah 74.35. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media komik memiliki pengaruh terhadap literasi membaca siswa kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311–328. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar Buku Cerita Bergambar terhadap Pemahaman Literasi Membaca Siswa Kelas Atas Sekolah Dasa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Hasanah, U., & Silitonga, M. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta : Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. In WWW.Quipperblog.com.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Mahendra, E. R. dkk. (2021). Pengembangan Komik Pendidikan Sebagai Media Pembelajaran Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Education …, 9(1), 279–284. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2375

Mayuni, Ratna, K., Rati, Wayan, N., & Mahadewi, Putrini, Putu, L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 183–193.

Meidyawati, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Hasil Membaca Pemahaman di Kelas V SD Negeri 2 Gunung Pereng Kota Tasikmalaya. All Rights Reserved, 5(2), 283–295. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Muhaimin, M. R., Ni’mah, N. U., & Listryanto, D. P. (2023). Peranan Media Pembelajaran Komik Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399–405. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.814

Musfiroh, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Negeri Sinduadi 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2044–2053.

Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901

Nurfadillah, S., Rofiqoh Azhar, C., Aini, D. N., Apriansyah, F., Setiani, R., & Tangerang, U. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri Pinang 1. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 153–163.

Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Pramana, I. B. W., Fitriani, H., & Safnowandi3. (2022). Pengaruh Metode Mind Map Dengan Media Komik Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. 2(2), 71–87.

Purwo, S. (2020). Peran Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Kreatif-Produktif Di Sekolah Dasar. Dewantara, 5(3), 94.

Putri Ginanjar, M. T., & Purningsih, I. (2023). Gaya Visual Nusantara dalam Media Cover Komik Sangkuriang Karya R. A. Kosasih. Jurnal Desain, 10(3), 605. https://doi.org/10.30998/jd.v10i3.16890

Putri, I. N. R., Yulianto, A., & Kusumaningrum, S. (2023). Penggunaan Metode SQ3R Berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.3318

Putri Wahyu Romadhona, D., Nurachmana, A., Ade Christy, N., & Mingvianita, Y. (2023). Implementasi dan Problematika Gerakan Literasi di SD Negeri 2 Palangka. Journal of Student Research (JSR), 1(1), 114–128.

Siregar, A., & Irmawati Siregar, D. (2021). Analisis Evaluasi Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 114. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Analisis+Evaluasi+Pengembangan+Media+Komik+Digital+Pada+Mata+Pelajaran+IPA+Sekolah+Dasar&btnG=

Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (M. Dr.Ir. Sutopo,S.Pd (ed.); 2nd ed.). 2019.

Supriatin, A., & Alfiannoor, A. (2022). Media Pendampingan Anak Usia Sekolah Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Membaca Melalui Media Komik. Sentimas, 489–494.

Widadari, P. W., & Jampel, I. N. (2022). Digital Choice Board Pada Topik Cerita Fiksi Berbasis Literasi Baca Tulis Untuk Siswa Kelas IV. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 329–337. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48673

Downloads

Published

2024-05-21