PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS IV SDI WAHID HASYIM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13663Keywords:
model pembelajaran, multiliterasi, kemampuan berpikir kreatifAbstract
Salah satu kemampuan dan komponen penting pendidikan di abad kedua puluh satu adalah kemampuan berpikir kreatif. Paradigma pembelajaran multiliterasi memuat gagasan aktualisasi pembelajaran dengan penekanan pada cakap menulis, berbicara, membaca dengan tingkat pemahaman tinggi, dan penguasaan media digital. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran multiliterasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDI Wahid Hasyim Sekardangan Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan yakni pre-eksperiment dengan design One grup Pre-test Post-test. Objek yang di teliti terdiri dari 26 peserta didik,13 laki-laki dan 13 perempuan kelas IV C yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes yang terdiri dari 8 soal esai. Hasil uji Paired Simple T-test yang di peroleh dari penelitian ini menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 yang berarti bahwa < 0,05. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran multiliterasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDI Wahid Hasyim Sekardangan Sidoarjo.Downloads
References
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2022). Media Literasi Sekolah Teori dan Praktik (D. M. Wijayanti (ed.)). CV.Pilar Nusantara.
Aliftika, O., Purwanto, P., & Utari, S. (2019). Profil Keterampilan Abad 21 Siswa SMA pada Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Materi Gerak Lurus. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 4(2), 141–147. https://doi.org/10.17509/wapfi.v4i2.20178
Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Andriansyah, Salsabilla, B., Sabila, N. P., & Dafit, F. (2022). Multiliterasi Penerapan Menulis. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 59–65.
Arwita, R. S., Jusmawati, Satriawati, Waddi Fatimah, & Eka Fitriana H. S. (2022). Multiliteration Learning Model on Narrative Writing Skills in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4), 689–695. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i4.53983
Fanny Rahmasari, Farah Firdausa Muchtar, Siti Nadhifa Imtinan, Zahidah Nurul Kamilah, & Neneng Sri Wulan. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Multiliterasi di Sekolah Dasar. EduCurio Journal, I(2), 645–651.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Ginanjar, A. Y., & Widayanti, W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Sd/Mi. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 10(2), 117. https://doi.org/10.32678/primary.v10i02.1283
Hidayanti, I., & Wulandari, F. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Etnosains Terhadap Sains Kemampuan Literasi Sekolah Dasar. 3, 967–982.
Indra Dewi, F., Suntini, S., & Hamidah, I. (2023). Pelatihan Multiliterasi Untuk Meningkatkan Motivasi Minat Baca Siswa SDN 2 Tugumulya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 127–132. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.938
Jamiruddin, J., & Ilyas Thamrin, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Sosial Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 88–94. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1001
Kharizmi, M., & Almuslim, U. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. 2(2), 11–21.
Nia Rosniati, Indah Nurmahanani, N. T. A. S. (2024). Penerapan Model Multiliterasi Transformasi Berbantuan Media Poster Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Ssekolah Dasar. 09.
Nurcaya, Ebe, A., Saputra, N., & Muhlis. (2022). Paradigma Pembelajaran Berpendekatan Multiliterasi Di Abad 21. Jote, 3(2), 52–68.
Nurfijriah, H. L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Indonesia Siswa Sekolah Dasar The Influence Of Multiliterate Learning Models On Critical Thinking Ability In Indonesian Language Learning Primary School Students.
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Pendidikan Sains Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. PENSA E-JURNAL: Pendidikan Sains, 9(2), 242–246. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Rahmadani, A., Prayitno, H. J., & Wulandari, M. D. (2023). Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Mewujudkan Keterampilan Abad-21 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. https://eprints.ums.ac.id/id/eprint/115534%0Ahttps://eprints.ums.ac.id/115534/11/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Ratri, T. M., Muhtar, T., & Tri Herlambang, Y. (2024). Urgensi pedagogik multiliterasi dalam membangun generasi emas 2045 yang berkarakter. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa,Sastra Indonesia dan Daera, 14(1), 110–119.
Said, R. R. A., Arifin, K., & Jahidin, J. (2023). Hasil Belajar Kognitif Melalui Implementasi Model Pembelajaran Multiliterasi: Studi Pada Materi Sistem Ekskresi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.