PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII C DI SMPN 12 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13662Keywords:
Problem Based Learning, hasil belajar, peserta didik.Abstract
ABSTRACT Choosing an appropriate learning model using the curriculum is one way educators can help students succeed in their learning activities. So that teachers can share students' independence and creative intelligence throughout learning activities. This research seeks to share, explain and evaluate the findings of various investigations regarding the use of Problem Based Learning to improve student learning outcomes in social science subjects. The methodology used is qualitative and means that the form of classroom action research (PTK) uses four learning cycles. Each cycle consists of one meeting with the following activity stages: planning, implementation, observation and reflection. The use of a problem-based learning thinking framework and students' learning objectives is the main discussion of this research. The findings of this research suggest that student learning will occur as well as increased teacher and student learning. Utilization of learning examples represents what will occur in research. Problem Based Learning can improve student learning outcomes in social science subjects in class VIII C of SMP Negeri 12 Surabaya. Keywords: Problem Based Learning, learning outcomes, students. ABSTRAK Pemilihan model pembelajaran yang sesuai menggunakan kurikulum ialah salah satu cara pendidik bisa membantu peserta didik berhasil dalam kegiatan belajarnya. Agar pengajar dapat berbagi kemandirian dan kepandaian kreatif peserta didik sepanjang kegiatan pembelajaran. Penelitian ini berupaya buat membagikan, menjelaskan, serta mengevaluasi temuan aneka macam investigasi ihwal penggunaan pembelajaran berbasis Problem Based Learning buat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Metodologi yang digunakan merupakan kualitatif dan artinya bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan empat siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan dengan tahapan kegiatan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Penggunaan kerangka berpikir pembelajaran berbasis masalah dan tujuan pembelajaran peserta didik menjadi utama bahasan penelitian ini. Hasil temuan penelitian ini mensugesti yang akan terjadi belajar siswa serta peningkatan pembelajaran guru dan siswa. Pemanfaatan contoh pembelajaran mewakili yang akan terjadi penelitian. Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VIII C SMP Negeri 12 Surabaya. Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar, peserta didik.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
A. Mahmudah, “Peningkatan Hasil Belajar Pkn melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas V MI Manba’ul Ulum Buntaran Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung,” J. Pembelajaran dan Ris. Pendidik., vol. 2, no. April, pp. 125–134, 2022
Buwono, S., & Dewantara, J. A. (2020). Analisis Konten Sumber Ajar IPS Pada SMP Di Kota Pontianak. Jurnal Basicedu, 4(3), 740–753
Dahlan, D., Permana, L., & Oktariani, M. (2020). Teacher Competence And Difficulties In Constructing Hots Instruments In Economics Subject. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(1), 111–119. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28869
D. V. Santi, D. Handayani, dan N. Noviyanti, “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Kimia Siswa,” Fakt. J. Ilm. Kependidikan, vol. 8, no. 3, p. 282, 2021, doi: 10.30998/fjik.v8i3.9242
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019
Damayanti, D., Budyartati, S., & Chasanatun, T. W. (2020). Penilaian diri pada pembelajaran matematika dengan media dakon pada siswa kelas IV di SDN 01 Nambangan Lor. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 106-110
Guswan, F. A., & Learning, P. B. (2020). Dampak Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Smk Negeri 1 Pariaman. 38–43
Khizar, A., Anwar, M. N., & Zainab, G. (2020). Does It Matter To Assess the High Order Thinking Skills among Prospective Teacher Educators? 8, 9.
Kholifiatin Sutadji, E., & Patmanthara, S, E. N. (2020). Pengaruh Masa Kerja dan Profesionalitas Guru Terhadap High Order Thinking Skill Siswa SMK Melalui Level Soal Ujian. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 764–773
Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 283-293
Solikha, N., & Rasyida, I. (2020). Schoology Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa X Ips Man Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11(1), 31–42. https://jiesjournal.com/index.php/jies/article/view/221
T. Prasetyo, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas VI SD N Gendongan 02,” Cahaya Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 1–12, 2019, doi: 10.33373/chypend.v5i2.1993
Rini Marmoah, S., & Sularmi, S, F. I. (2021). Analisis Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pembelajaran IPS Kelas IV Di Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(1).
Rogayan Jr, D. V., Gallardo, C. B., Lacaste, J. T., & Roque, D. J. A. (2021). 21stCentury Skills of Social Studies Students: Basis for a Proposed Training Program. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 2(2), 131–141. https://doi.org/10.11594/ijmaber.02.02.08
Wilson, D. M., & Narasuman, S. (2020). Investigating Teachers’ Implementation and Strategies on Higher Order Thinking Skills in School Based Assessment Instruments. Asian Journal of University Education, 16(1), 70. https://doi.org/10.24191/ajue.v16i1.8991
Winarti Hairida, H., & Lestari, I, W. (2021). Deskripsi Kemampuan Guru Membuat Soal Berdasarkan Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Landak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 108–115
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.