PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TIPE MATCHUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Riqqah Salsabila Sahmanita Universitas Negeri Semarang
  • Wasino Universitas Negeri Semarang
  • Yeri Sutopo Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13636

Keywords:

problem based learning, outcomes learning, wordwall

Abstract

This research waslconducted based on the results oflobservations due to the teacher's lack of understanding and the application of non-innovative learning modelslin social studies learning activities so that it had an impact on the low level of completeness of students' learning outcomes. To overcome these problems the researcher took alternative problem solving by using the application of a problem based learning modellassisted by wordwall type matchup. This research aims to describelthe planning and implementation of learning to improve the learning outcomes of class VIB students at SD Negeri 3 Pabuaranwetan with 23 students as theeresearch sample. This research was conducted in twoccycles, cycle I showed thatlstudent learning outcomes appeared to have increasedlin cycle I reaching 73.91% and cycle II 82.60%. So it concluded thatlthe application of the problem based learning modellassisted by a matchup type wordwalllcan improve student learning outcomes. Keywords: problem based learning, outcomes learning, wordwall

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriningsih, Ni Wayan Nonik, I. Wayan Sujana, and I. Gusti Ayu Putu Sri Darmawati. 2021. “Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD.” Mimbar Ilmu 26(2):251. doi: 10.23887/mi.v26i2.36202.

Darsuji. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Menghargai Jasa Dan Peranan Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Menggunakan Metode Tutor Sebaya Bagi Peserta Didik Kelas V SD Negeri 4 Menduran Semester 2 Tahun Pelajaran 2016/2017.” 4(2):1–23.

Haderani, Haderani. 2018. “Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia.” Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan 7(1):41–49. doi: 10.18592/tarbiyah.v7i1.2103.

Hanifah, Nurdinah. 2014. Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI PRESS.

Hanik, Kumila, Suwito Eko Purnomo, and Arif Yulianto. 2023. “Inovasi Pendidikan Dan Pendidikan Sekolah Vokasi Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana 1190–95.

Hertiki. 2021. “Word Wall: An Interactive Vocabulary Tool in Online Bahasa Indonesia Learning for Thai Students during the Pandemic of COVID-19.” NCOLLT (Ncollt):33–39.

Hidayat, Muhammad Nur. 2022. “Implementasi Model Pembelajaran Dalam Pembelajaran IPS.” Universitas Lambung Mangkurat 12.

Hidayaty, Alfina, Mahwar Qurbaniah, and Anandita Eka Setiadi. 2022. “The Influence of Wordwall on Students Interests and Learning Outcomes.” Jurnal Penelitialn Ilmu Pendidikan 15(2):211–23.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran :Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kumalasari, Ika Dyah, Anik Nawati, and Heri Maria Zulfiati. 2024. “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SCREAMBLE UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS SD.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09(01):2480–90.

Leni, Marlina, and Sholehun. 2021. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong.” Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 2(1):66–74.

Marthaningrum, Etty, and Agustina Tyas Asri Hardini. 2023. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 08(02):4705–22.

Nadziroh, Chairiyah dan Wachid Pratomo. 2010. “Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan.” Jurnal Konstitusi 7(1):181–212.

Nurjanah, Reni. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS.” Repository UNJ.

Purwanto. 2016. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, Meliani, and Anne Effane. 2023. “Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan.” Karimah Tauhid 2(1):135–41. doi: 10.29240/jsmp.v1i2.295.

Riyanni. 2022. “Peranan Penting Guru Indonesia Dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Serta Tantangannya Pada Pembelajaran Abad 21.” Thesiscommons.Org 1–6.

Rizkah. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS.” Jurnal Ilmiah IPS Dan Humaniora 1(2):48–51.

Rohmatilahi, Levy, Nur Kholisah, Muh Husen Arifin, and Yona Wahyuningsih. 2022. “Urgensi Pembelajaran IPS Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Budaya Indonesia Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(1):4270–76.

Romadhoni, Kurnia, Khotimatul Hasanah, and Pidekso Adi. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Siklus Air Kelas 5 Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(1):3790–3803. doi: 10.23969/jp.v8i1.8413.

Shofiya Launin, Wahyu Nugroho, and Angga Setiawan. 2022. “Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1(3):216–23. doi: 10.55784/jupeis.vol1.iss3.176.

Suhaemi, Andi, Endang Tri Asih, and Fitriyah Handayani. 2020. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Ips Sd.” Jurnal Holistika 4(1):36. doi: 10.24853/holistika.4.1.36-45.

Suharini, Erni, Dwi Meliana, Tjaturahono Sanjoto, and Edi Kurniawan. 2020. “The Strategy of Disaster Mitigation Literacy through Problem-Based Learning (PBL) in the School Prone to Tidal Floods.” doi: 10.4108/eai.18-7-2019.2290156.

Surani, T. R. I. 2018. “Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gedung Agung Kecamatan Jati Agung.” Digital Repository UNILA.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Triyanto, Achmad, Aries Tika Damayanti, and Prawestya Tunggul Damayatanti. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Dengan Model Picture and Picture Pada Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas Vi Sdn Kalicari 01.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9(2):1850–59. doi: 10.36989/didaktik.v9i2.910.

Downloads

Published

2023-06-01