IMPLEMENTASI MEDIA PLATFORM KNOWT DALAM PEMAHAMAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN KELAS 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13621Keywords:
Bahasa Mandarin, Media Pembelajaran, Platform KnowtAbstract
Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan media pembelajaran digital lebih diminati oleh peserta didik generasi 5.0. hal ini dikarenakan terbiasanya peserta didik dalam melibatkan gawai pada kehidupan sehari – hari. Fokus dari penelitian ini adalah penggunaan media digital dalam pembelajaran kosakata Belajar Mandarin, khususnya Platform Knowt. Metode pada penelitian ini berupa kualitatif deskriptif serta menggunakan Grounded Theory sebagai dasar analisa kebutuhan belajar siswa. Teknik pengumpulan data berupa pengisian Kuisioner digital, observasi partisipatif siswa kelas 5 SD Kr. Filadelfia, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini Seluruh siswa setuju sepenuhnya jika pembelajaran yang berkaitan dengan teknologi sangat menarik, dan 81% dari mereka mengatakan bahwa pembelajaran kosakata Mandarin sangat efektif dengan Platform Knowt. Selain itu, sepenuhnya siswa setuju jika penggunaan Platform Knowt membantu mengingat, memahami, dan menghafal kosakata Mandarin dan memahami artinya.Downloads
References
Aba, L. (2019). Flashcards as a Media in Teaching English Vocabulary. 5(2), 170–179. https://doi.org/10.30603/al.v5i2.865
Afif Yufanza Putra, Usman, R., & Aiga Ventivani. (2022). Penerapan Aplikasi Chineasy untuk Melatih Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas X IPS 5 SMAN 6 Malang. Journal of Language, Literature, and Arts, 2(8), 1148–1158. https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1148-1158
Azhar Arsyad. (2005). Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bai, Z. (2018). An analysis of English vocabulary learning strategies. Journal of Language Teaching and Research, 9(4), 849–855. https://doi.org/10.17507/jltr.0904.24
Burhan Nurgiyantoro. (2011). Penilaian otentik dalam pembelajaran bahasa. Bulaksumur, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Callella-Jones, T., & Samoiloff, S. (2001). Making your word wall more interactive. Huntington Beach, Calif.: Creative Teaching Press.
Efendi, M., & Amri, M. (2023). PENGARUH MEDIA QUIZ WORDWALL TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS XI IPS SMA KHADIJAH SURABAYA 2022/2023. Jurnal Bahasa Mandarin, 1(1), 55–61. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/55177
Glaser, B. G., & Strauss, A. L. (1967). The Discovery of Grounded Theory. Aldine Transaction.
Hermawan, B., Endang, L., & Apriana, M. (2020). Peran Media PPT untuk Peningkatan Minat Belajar dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 183–191. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i2.26887
Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Oetomo, J. S., & Apriana, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Edukasi Quizlet Terhadap Motivasi Siswa Belajar Kosakata Bahasa Mandarin Di Sdk Yohannes Gabriel. Seminar Nasional Ilmu Terapan, 6(1), B04–B04. Retrieved from https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/sniter/article/view/406
Rusman, Riyana, C., & Kurniawan, D. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi : mengembangkan profesionalitas guru (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers.
Susanti, S. S., & Wedawati, M. T. (2020). KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA MANDARIN KELAS X SMAN 1 DRIYOREJO. Jurnal Bahasa Mandarin, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/47496
Uno, H. B. (2015). Teknologi komunikasi & informasi pembelajaran. PT. Bumi Aksara.
Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran : Landasan dan aplikasinya. Jakrata: PT. Rineka Cipta.
Weifen, Q. (2020). Penyebab-Penyebab Kesalahan Penggunaan Kata Bahasa Mandarin: Tinjauan Terhadap Mahasiswa Jurusan Bahasa Mandarin di Indonesia. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, 27(2), 93. https://doi.org/10.24843/ling.2020.v27.i02.p01
Widya, U., Surabaya, K., Oetomo, J., & Apriana, M. (2022). Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN EDUKASI QUIZLET TERHADAP MOTIVASI SISWA BELAJAR KOSAKATA BAHASA MANDARIN DI SDK YOHANNES GABRIEL.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.