IMPLEMENTASI METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Anindya Ardhaningrum Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Anita Puji Astuti PAI FAI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13567

Keywords:

Metode Inkuiri, Fiqih, Inovatif

Abstract

Pembelajaran fikih merupakan salah satu pembelajaran yang tidak mudah untuk di terapkan. Pembelajaran fikih bukan hanya terdapat dalam lemaga pendidikan formal seperti sekolah atau madrasah tetapi pembelajaran fikih juga diterapkan dalam pendidikan non formal seperti pondok pesantren. Dalam hal ini peserta didik mengalami kesulitan dalam pembelajaran fikih. Namun dalam memberikan pembelajaran fikih, guru harus kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode yang tepat. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendekripsikan bagaimana cara guru dalam menekanakan agar siswa mampu berpikir kritis dan menyelesaikan terhadap suatu permaslaahn yang sedang dialaminya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dengan menggunakan model pendekatan fenomenologi dengan kancah penelitian MI Nurul Huda Ngampelsari sebagai salah satu MI yang menggunaakan metode inkuiri dalam pembelajaran fikih. Setelah data terkumpul peneliti melakukan analisis dengan pendekatan analisis kualitatif model. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pnelitian menjelaskan bahwa metode inkuiri mampu menumbuhkan siswa, terbukti : (1) mampu berfikir kritis, (2) siswa mampu berpikir nalar, (3) siswa mampu menyelesaikan masalah dengan adanya suatu interaksi yang diberikan oleh guru terhadap siswa.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, Y. U. (n.d.). Implementasi Metode Inquiry dan Hypnosis Perspektif Pendidikan Islam Klasik (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Immersion Ponorogo).

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. In Computer Physics Communications (Vol. 180, Issue 4). UNISSULA PRESS. https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005

Prasetiyo, M. B., & Rosy, B. (2020). Model Pembelajaran Inkuiri Sebagai Strategi Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120

Rachel. (2012). Metode Pembelajaran Agama Islam. Alauddin University Press.

Fahmi, M., & Wiguna, S. (n.d.). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MAS Ar-Rahman Bubun.

Fatakh, M. Z. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Vol. 6, Issue 5). http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Febrian, R., & Huda, D. M. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Inkuiri Dalam Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gunung Djati Conference Series, 10.

Halim, A. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385

Heriyudanta, M., & Ponorogo, I. (n.d.). Implementasi Metode Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran PAI. http://www.t125.co.cc/2010/karakteristik-peserta-didik-strategi-htm,

Ibrahim, H. (2018). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 PINRANG. AL-ISHLAH: Jurnal

Pendidikan Islam, 16(1), 73–74. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i1.735

Khaerunnisa Frima, F., Gun Gumilar, G., & Titin Supriyanti, F. (2020). PENGARUH METODE DISCOVERY- INQUIRY TERHADAP PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN

Maryati, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN SISI LENGKUNG MELALUI METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IX-D SMP NEGERI 30

JAKARTA UTARA. In Jurnal Pendidikan || (Vol. 01, Issue 02).

Nurjanah, E., & Fahmi, S. (n.d.). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN RAMBAY KULON.

Putri, Y. A., Usman, A., & Cahyati, M. T. (2019). Meta-Analisis Pengaruh penggunaan Model Inquiry Based Learning terhadap Kompetensi Keterampilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika. In Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (Vol. 5, Issue 1).

Rofiah, S. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkanhasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih. JCARE : Journal Of Children’s Assistance Research and Education, 3(2), 46–54.

Saputri, S. W., Verawati, N. N. S. P., & Gunada, I. W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1684–1691. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.802

Suwardani, S., Asrial, A., & Yelianti, U. (2021). Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. BIODIK, 7(3), 185–194. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13072

Wajdi, F., Saepulloh, A., Hilmi, A. A., & Anisa. (2022). Implementasi Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Mata Pelajaran Fikih. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 107–114.

Wayan Wartini, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Education Action Research, 5(1), 126–132. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Downloads

Published

2024-05-07