ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA KELAS I SDN 027 SAMARINDA ULU TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Authors

  • Hani Subakti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13552

Keywords:

Membaca Permulaan, Kurikulum Merdeka

Abstract

Kesulitan membaca permulaan dalam implementasi ialah sebuah tantangan yang sering kali dihadapi oleh siswa kelas I. Latar belakang pada penelitian ini berdasarkan observasi yang telah peneliti lakukan yaitu masih ditemui kesulitan membaca permulaan di kelas I SDN 027 Samarinda Ulu dari 28 siswa hanya 9 siswa yang lancar dalam membaca. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan memberikan solusi sebuah kesulitan membaca permulaan pada implementasi kurikulum merdeka kelas I SDN 027 Samarinda Ulu. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 027 Samarinda Ulu pada bulan Januari-Februari 2024. Subjek penelitian ini yaitu 5 siswa, 5 orang tua siswa dan wali kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan beberapa kesulitan membaca permulaan yaitu siswa sulit membedakan huruf vokal dan konsonan, kesulitan membedakan huruf dan belum mampu merangkai kata menjadi kalimat. Adapun beberapa faktor penghambat dalam kesulitan membaca permulaan pada implementasi kurikulum merdeka yaitu dari faktor internal atau dari diri siswa ataupun faktor eksternal dari luar diri siswa atau dari lingkungan siswa. Penelitian ini memberikan pemahaman mengenai kesulitan membaca permulaan pada siswa sehingga ini bisa mengatasi kesulitan membaca sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Nurdini, D. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia.

Aprilia, U. I., Fathurohman, & Purbasari. (2023). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 1(2), 60–73.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 9-46. ult.kemdikbud.go.id

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Lubis, H. S., Turrohmah, N., & Nunzairina, N. Y. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di RA Al-Huda Kecamatan Sawit Seberang. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 4, 6–11.

Martina Pakpahan, Dkk. Metodologi Penelitian. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2022

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142.

Pendi, Y. O. (2020). Merdeka Belajar yang Tercermin dalam Kompetensi Profesional Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 01 Sedayu. Seminar Nasional Pendidikan, 19, 291–299. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnas2020/article/view/7743

Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu

Pridasari, F., & Anafiah, S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I di SDN Demangan Yogyakarta. Continuous Education: Journal of Science and Research, 3(2), 10–21.

Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah

Rahayu, R., Rosita, R., rahayuningsih, sri, Y., hermawan, herry, A., & Prihantini. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Sintha Setyastuti, C., Budi Santoso, A., & Haryanti, U. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdn 1 Munggung, Karangdowo, Klaten

Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan,Humaniora.

Subakti, H. (2023). Keterampilan Membaca. Samarinda : CV Bakti Semesta Publisher.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33.

Yati, Y., Sutama, S., & Markhamah, M. (2022). Model Media Interaktif Articulate Storyline Untuk Menumbuhkan Kemandirian Membaca Permulaan Peserta Didik SD. Islamika, 4(3), 344–354.

Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13.

Zahra, N. R., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470.

Downloads

Published

2024-06-01