PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH BAHASA SUNDA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MAHASISWA PGSD

Authors

  • Hesti Widiastuti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Siti Humairoh PGSD FKIP Universitas Buana Perjuangan
  • Yulistina Nur D.S PGSD FKIP Universitas Buana Perjuangan
  • Mahpudin PGSD FKIP Universitas Buana Perjuangan

Keywords:

hasil belajar, Bahasa sunda, media audio visual

Abstract

Pada Studi saat ini membuktikan  dengan demikian menggunaan media audiovisual di dalam  mata kuliah Bahasa sunda di SD  berpotensi memperbaiki hasil belajar mahasiswa PGSD Universitas Buana Perjuangan. Hasil belajar. dalam studi ini skor rata-rata siswa sebelum ujian adalah 60, rata-rata skor siswa setelah ujian adalah 85, dan tingkat kesiapan siswa meningkat dari 35% sebelum ujian menjadi 95% setelah ujian. Ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, media  Audiovisual berpotensi memotivasi  siswa untuk lebih mudah memahami materi, sehingga siswa siswa merasa pembelajaran ini  lebih menarik dan menyenangkan, serta memungkinkan keaktifan siswa dalam berpartisipasi pada tahapan belajar. Studi ini merekomendasikan pengintegrasian pemanfaatan media audiovisual ke dalam pembelajaran di kelas dalam upaya mengoptimalkan hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Kuasi Ekspereimen guna mengamatio dan mencari solusi dari permasalahan yang terjadi Ketika pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Widiastuti, Hesti. (2024).pangajaran Bahasa sunda pikeun mahasiswa PGSD. tasik: Rumah Cemerlang indonesia.

hadi, ahmad., & faturahman, taufik. (2009). Peperenian. Bandung: Geger Sunten

Widiastuti, H., Annisa, N., & Suhendar, N. (2017). Ragam Bahasa di Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang. Sosiohumanitas, 19(1).

Widiastuti, H. (2015). Pamali dalam Kehidupan Masyarakat Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan (Kajian Semiotik dan Etnopedagogi). Lokabasa, 6(1).

Aliansyah, M. U., Mubarok, H., Maimunah, S., & Hamdiah, M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di Pesantren Ainul Hasan. Jurnal Syntax Fusion, 1(07), 119-124.

Ananda, R. (2017). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21-30.

Nurhabibah, D. (2020). BABANDINGAN KANDAGA KECAP TRIBASA (SUNDA, JAWA, MELAYU) DI DÉSA SEGARAN KECAMATAN BATUJAYA KABUPATÉN KARAWANG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Huri, D. (2017). Geografi Variasi Bahasa di Bagian Utara Karawang Jawa Barat. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 239-248.

Lestari, S. A. P. (2021). CAMPUR KODE PADA SIVITAS AKADEMIK UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). PROSIDING KONFERENSI NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG, 1(1), 86-98.

Downloads

Published

2024-05-07