PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH BAHASA SUNDA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MAHASISWA PGSD
Keywords:
hasil belajar, Bahasa sunda, media audio visualAbstract
Pada Studi saat ini membuktikan dengan demikian menggunaan media audiovisual di dalam mata kuliah Bahasa sunda di SD berpotensi memperbaiki hasil belajar mahasiswa PGSD Universitas Buana Perjuangan. Hasil belajar. dalam studi ini skor rata-rata siswa sebelum ujian adalah 60, rata-rata skor siswa setelah ujian adalah 85, dan tingkat kesiapan siswa meningkat dari 35% sebelum ujian menjadi 95% setelah ujian. Ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, media Audiovisual berpotensi memotivasi siswa untuk lebih mudah memahami materi, sehingga siswa siswa merasa pembelajaran ini lebih menarik dan menyenangkan, serta memungkinkan keaktifan siswa dalam berpartisipasi pada tahapan belajar. Studi ini merekomendasikan pengintegrasian pemanfaatan media audiovisual ke dalam pembelajaran di kelas dalam upaya mengoptimalkan hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Kuasi Ekspereimen guna mengamatio dan mencari solusi dari permasalahan yang terjadi Ketika pembelajaran berlangsung.Downloads
References
Widiastuti, Hesti. (2024).pangajaran Bahasa sunda pikeun mahasiswa PGSD. tasik: Rumah Cemerlang indonesia.
hadi, ahmad., & faturahman, taufik. (2009). Peperenian. Bandung: Geger Sunten
Widiastuti, H., Annisa, N., & Suhendar, N. (2017). Ragam Bahasa di Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang. Sosiohumanitas, 19(1).
Widiastuti, H. (2015). Pamali dalam Kehidupan Masyarakat Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan (Kajian Semiotik dan Etnopedagogi). Lokabasa, 6(1).
Aliansyah, M. U., Mubarok, H., Maimunah, S., & Hamdiah, M. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Di Pesantren Ainul Hasan. Jurnal Syntax Fusion, 1(07), 119-124.
Ananda, R. (2017). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 21-30.
Nurhabibah, D. (2020). BABANDINGAN KANDAGA KECAP TRIBASA (SUNDA, JAWA, MELAYU) DI DÉSA SEGARAN KECAMATAN BATUJAYA KABUPATÉN KARAWANG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Huri, D. (2017). Geografi Variasi Bahasa di Bagian Utara Karawang Jawa Barat. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 239-248.
Lestari, S. A. P. (2021). CAMPUR KODE PADA SIVITAS AKADEMIK UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK). PROSIDING KONFERENSI NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG, 1(1), 86-98.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.