ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 BODAK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13548Keywords:
Kesulitan Peseta Didik, Perangkat Pembelajaran Daring, MatematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran daring di mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring di mata pelajaran matematika peserta didik mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut, yaitu: (1) Mahalnya kuota internet; (2) Partisipasi peserta didik yang kurang; (3) Minat dan motivasi peserta didik yang rendah; (4) Peserta didik tidak memiliki ponsel sendiri; (5) Peserta didik tidak terlalu memahami langkah-langkah pembelajaran matematika berbasis daring; (6) Peserta didik menganggap aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran daring tidak cocok untuk pembelajaran matematika; (7) Penjelasan guru yang sulit dipahami; (8) Peserta didik belum bisa disiplin; (9) serta tugas yang banyak dan sulit. Dengan demikian beberapa kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring di mata pelajaran matematika lebih ke kendala teknis dan penerapan metode pembelajaran.
Downloads
References
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7 (4)
Isnaini, Dyah. 2020. Kesulitan Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Di SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2019/2020. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Putria, Hilna, dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (4)
Ramadhani, Rahmi, Dkk. 2020. Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Medan, Yayasan Kita Menulis
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: ALFABETA.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Utami, Yuliza Putri dkk. 2020. Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 1(1): 20-26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















