ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DARING PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 BODAK

Authors

  • Muazamullah Muazamullah

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13548

Keywords:

Kesulitan Peseta Didik, Perangkat Pembelajaran Daring, Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran daring di mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran daring di mata pelajaran matematika peserta didik mengalami kesulitan. Kesulitan tersebut, yaitu: (1) Mahalnya kuota internet; (2) Partisipasi peserta didik yang kurang; (3) Minat dan motivasi peserta didik yang rendah; (4) Peserta didik tidak memiliki ponsel sendiri; (5) Peserta didik tidak terlalu memahami langkah-langkah pembelajaran matematika berbasis daring; (6) Peserta didik menganggap aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran daring tidak cocok untuk pembelajaran matematika; (7) Penjelasan guru yang sulit dipahami; (8) Peserta didik belum bisa disiplin; (9) serta tugas yang banyak dan sulit. Dengan demikian beberapa kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring di mata pelajaran matematika lebih ke kendala teknis dan penerapan metode pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7 (4)

Isnaini, Dyah. 2020. Kesulitan Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Di SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2019/2020. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga

Putria, Hilna, dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (4)

Ramadhani, Rahmi, Dkk. 2020. Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Medan, Yayasan Kita Menulis

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: ALFABETA.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Utami, Yuliza Putri dkk. 2020. Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 1(1): 20-26.

Downloads

Published

2024-05-17