ANALISIS PENDEKATAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES (SSI) DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP LITERASI SAINTIFIK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13540Keywords:
socio-scientific issues, pembelajaran IPA, Literasi saintifikAbstract
Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisa berupa literatur review dari hasil penelitian mengenai implementasi pendekatan socio-scientific issues (SSI) dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) terhadap literasi saintifik dan dampaknya. Tinjauan literatur dilakukan pada 25 artikel yang terpublikasi pada berbagai jurnal dari tahun 2016-2024. Tinjauan literatur dilaksanakan dengan 5 tahapan yakni melakukan pemilihan topik yang akan direview, melakukan pencarian melalui google scholar, melakukan penyeleksian artikel yang berkaitan dengan topik yang sudah ditentukan, melakukan analisis dan sintesis literatur review, dan melaksanakan pengorganisasian tulisan. Implikasi pendekatan SSI yaitu siswa dapat merangsang perkembangan intelektual, moral dan etika, serta menumbuhkan kesadaran akan keterkaitan antara sains dengan kehidupan nyata. Hasil dari literatur dan analisisnya menunjukan bahwa 1) SSI dapat diintegrasikan dengan berbagai cara seperti penerapan strategi pembelajaran, model pembelajaran, media pembelajaran dan perangkat pembelajaran seperti modul, e-modul, E-LKPD, LKPD, dan bahan ajar. 2) Pendekatan SSI dalam pembelajaran IPA berdampak pada keterampilan siswa diantaranya keterampilan literasi saintifik, keterampilan berpikir kritis, keterampilan argumentasi ilmiah, dan penguasaan konsep siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber acuan untuk menerapkan pendekatan SSI dalam pembelajaran IPA agar dapat diterapkan secara optimal dan mecapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.Downloads
References
Afrilya, N., Afrianis, N., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan Socio Scientific Issuesterhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 10–19.
Azizah, H. P., Hafiza, N., & Ilhami, A. (2022). Pengembangan E-Modul Ipa Smp Berbasis Socio Scientific Issues (Ssi). Jurnal Pendiidkan Indonesia, 2(4).
Dianti, P., Sunandar, A., & Setiadi, A. E. (2023). Analisis Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berargumentasi Siswa Dengan Model Argument Driven Inquiry Berbasis Socio-Scientific Issue. Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 1–14.
Fita, M., Jatmiko, B., & Sudibyo, E. (2021). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Berbasis Socioscientific Issue (Ssi) Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis. Studi Dalam Belajar Dan Mengajar, 2(3), 1–9.
Gita, E., & Roektininngroem, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran Ipa Model Service Learning Pendekatan Ssi Terhadap Problem Solving & Sikap Respek Fakta. Journal Pendidikan Ipa, 7(1), 40–45.
Gutierez, S. B. (2015). Integrating Socio-Scientific Issues To Enhance The Bioethical Decision-Making Skills Of High School Students. International Education Studies, 8(1), 142–151.
Hidayat, A. T., & Hidayati, S. N. (2024). Peningkatan Literasi Sains Siswa Berbantuan Lkpd Berorientasi Socio Scientific Issues ( Ssi ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, 6(1), 57–63.
Kartika, I., Kurniasih, S., & Pursitasari, I. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Bioteknologi Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Journal Of Science Education And Practice, 3 (2016), 1–12.
Khasanah, S. U., & Setiawan, B. (2022). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbantuan E-Lkpd Pada Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 313–319.
Kirana, D. G., Mohammad, & Purnomo, A. R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Ipa Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pencemaran Lingkungan. E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 260–265.
Kristiana, T., & Wahyuni, E. S. (2022). Konstruksi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Guided Inquiry Disertai Socioscientific Issues ( Ssi ). Jurnal Pendidikan Sanins Dan Matematika, 2.
Kumar, V., Kumar, S., & Singh, R. (2024). Social Sciences & Humanities Open Environmental Socio-Scientific Issues As Contexts In Developing Scientific Literacy In Science Education : A Systematic Literature Review. Social Sciences & Humanities.
Muhammad, H. F., & Subekti, H. (2023). Strategi Gallery Walk Berbasis Socio-Scientific Issues Untuk. E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 80–88.
Nava, T. H. N. S., & Prasetyo, Z. K. (2018). Pengaruh Pendekatan Socio-Scientific Issues Berbasis Stem Terhadap Literasi Sains Siswa. E-Journal Pendidikan Ipa, 7(5), 162–167.
Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Research, 2(1), 8–16.
Nur, S. M., & Hala, Y. (2023). Analisis Penerapan Pendekatan Berbasis Socio- Biologi Analysis Of The Approach Based On Socio-Scientific Issues ( Ssi ) In Learning Biological Materials. Prosiding Seminar Nasional Biologi Fmipa Unm, 589–598.
Puspita, I. G., & Subiantoro, A. W. (2022). Pengembangan Web Pembelajaran Biologi Berbasis Socio- Scientific Issues ( Ssi ) Topik Sistem Pencernaan Untuk Mengembangkan Literasi Kesehatan Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 9, 24–32.
Putra, I. M. T. P. (2022). Integrasi Model Inkuiri Berbasis Socioscientific Issues Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan Mipa, 919–928.
Ratnawati, E. (2022). Penerapan Learning Cycle–5e Berkonteks Ssi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Larutan Penyangg. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan Ipa, 2(4), 431–437.
Rohmawati, E., Widodo, W., Agustini, R., Studi, P., Sains, P., Surabaya, U. N., & Issues, S. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 3(1), 8–14.
Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Ipa Berbasis Socioscientific Issues (Ssi. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 107–117.
Rahayu, I.D., & Permanasari, L. H. (2020). Efektivitas Materi Migas Berbasis Isu Sosiosaintifik Yang Terintegrasi. Jurnal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 3, 279–286.
Rohmaya, N., Suardana, I. N, & Tika.I. N (2023). Efektifitas E-Lkpd Kimia Sma/Ma Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berkonteks Isu-Isu Sosial Sains Dalam Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 25–33.
Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar Dengan Konteks Socio-Scientific Issues Pada Materi Zat Aditif Makanan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Reconstruction Of Learning Materials With Socio-Scientific Issues Context On Food Additives Content To Improving Student. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(2), 156–164.
Rubini, B., Suhartoyo, H., & Permanasari, A. (2018). Apakah Inkuiri Ilmiah Berbasis Investigasi Kelompok Dapat Meningkatkan Kerja Ilmiah Dan Literasi Sains Siswa ? Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 4(2), 149–157.
Subiantoro A.W., Ariyanti1 N.A., S. 1. (2013). Pembelajaran Materi Ekosistem Dengan Socio-Scientific Issues Dan Pengaruhnya Terhadap Reflective Judgment Siswa. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 2(1), 41–47.
Salim, A. (2014). The Effect Of Using Socio-Scientific Issues Approach In Teaching Environmental Issues On Improving The Students ’ Ability Of Making Appropriate Decisions Towards These Issues. International Education Studies, 7(8), 113–123.
Sirmayeni. (2023). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Dengan E-Lkpd Berbasis. 174–183. Prosiding Nasional Pendidikan.
Snyder, H. (2019). Literature Review As A Research Methodology : An Overview And Guidelines. Journal Of Business Research,
Sofiana, S., & Wibowo, T. (2019). Pengembangan Modul Kimia Socio-Scientific Issues (Ssi) Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Journal Of Educational Chemistry.
Tenriawaru, A. B. (2021). Konstruksi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Argument Driven Inquiry (Adi) Disertai Socioscientific Issues (Ssi). Jurnal Biologi Edukasi Edisi, 13, 6–16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.