PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA PADA MUATAN IPAS SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Galu Regita Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Badruli Martati Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13535

Keywords:

Kurikulum merdeka, Pembelajaran Interaktif, Lectora, IPAS.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis penerapan media pembelajaran Lectora dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPAS) materi Organ Pencernaan Manusia menggunakan Kurikulum Merdeka kelas 5 di SD Muhammadiyah 25 Surabaya Pada tanggal 25 Oktober 2023. Subjek penelitian ini yakni 3 anak kelas 5 yang mengalami kesulitan memahami materi IPAS materi Pencernaan. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi serta menggunakan Teknik analisis data milik Miles and Huberman dengan 3 tahapan yakni Reduksi data, Penyajian Data dan terakhir Penarikan Kesimpulan. hasil observasi, ditemukan kendala pada siswa disebabkan pembelajaran yang menggunakan teacher sentered learning, dengan metode ceramah dan buku teks sederhana, alternatif digital yang digunakan terbatas akibat kekurangan fasilitas. Keterbatasan visualisasi pada buku teks menjadi faktornya. Dengan bantuan Penggunaan media lectora terlihat keaktifan siswa membaik. Menurut hasil wawancara media lectora sudah memenuhi standar indikator yang ditetapkan kesesuaian materi serta konsep yang mudah dipahami dengan kejelasan tulisan yang disertai dengan dukungan visual yang menarik terbukti dapat memberi dampak positif yang dibuktikan dengan peningkatan nilai pada hasil dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media Lectora bermanfaat dalam memperjelas konsep IPAS Materi Pencernaan, berdampak baik pada keaktifan partisipasi siswa, dan mengatasi keterbatasan fasilitas. Penelitian ini menyarankan penerapan media interaktif Lectora sebagai solusi untuk kendala dalam pembelajaran IPAS. Oleh karena itu, hal ini diharapkan memberikan kontribusi positif untuk pengembangan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan menarik di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriansyah, F. D., Rozak, A., & Zaharah, Z. (2023). Peran Organisasi Perguruan Pencak Silat Beksi Sejati Haji Hasbullah Upaya Pelestarian Kesenian Tradisi Betawi. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 25(4), 154–161.

Andriani, S. W. (2021). Implementasi Kurikulum Darurat Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Negeri Bugel. Jurnal Dikdas Bantara, 4(2), 117. Https://Doi.Org/10.32585/Dikdasbantara.V4i2.1641

Anggraena, Y., Felicia, N., G, D. E., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2021). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 123.

Efendi, C., Gulo, F., & Raharjo, M. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Lectora Inspire Meningkatkan Hasil Mandarin Hsk 3. Journal Of Education And Instruction (Joeai), 6(2), 567– 575.

Faradita, M. N. (2020). Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Hasil Belajar IPA di SD Tawangsari. Proceding Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 309-317.

Friska, S. Y. (2023). Pengembangan E-Modul Research Based Learning Menggunakan Lectora Inspire Application Pada Pembelajaran Ipas Untuk Mendukung Mendeka Belajar Siswa Sekolah Dasar. 09.

Kusuma, A. M., & Mahardi, P. (2021). Analisis Deskriptif Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbasis Software Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 07,1– 11.

Maryanti, S., & Kurniawan, D. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922 Martati, B. (2022). Artikel Penguatan Pendidikan Karakter.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage. Nugrahani, F. (2008). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa., 1(1), 305.

Rahayu, Rosita, Rahayuningsih, H. H. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i4.1230

Susanto, A., Jatmoko, D., Widiyono, Y., Purwanto, J., & Milyuantara, R. (2023). Analisis Minat dan Hasil Belajar Siswa SMK dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Pendidikan, 11(2), 338–344. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v11i2.4406

Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi).Kusuma, A. M., & Mahardi, P. (2021). Analisis Deskriptif Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Berbasis Software Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 07, 1–11.

Downloads

Published

2024-05-06