PENGEMBANGAN MEDIA PADINA MATERI PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13519Keywords:
Pengembangan, Media Padina, Penyajian DataAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media padina materi penyajian data dalam bentuk diagram batang pada siswa kelas V SDN Bulusari 3. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini diketahui dari hasil validasi ahli media yaitu sebesar 90% dan validasi ahli materi yaitu sebesar 85,7%. Hasil kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dan respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran yang digunakan dengan memperoleh hasil kepraktisan guru yaitu sebesar 96% dan siswa sebesar 98,5%. Hasil keefektifan diperoleh melalui soal evaluasi yang diberikan kepada siswa kelas V dengan memperoleh rata-rata sebesar 86,4% sedangkan KKM kelas V adalah 70. Hasil ketuntasan klasikalnya yaitu sebesar 95,2%. Maka, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Downloads
References
Wiyani, N. A. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan.
Zulfikri. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Statistik Terhadap Kemampuan Analisa Data Kuantitatif Mahasiswa Prodi S-1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2011-2012 Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. Libria, 8(1), 111–128. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/1229
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.