PENGEMBANGAN MEDIA PADINA MATERI PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rika Dwi Lestari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Frans Aditia Wiguna Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Farida Nurlaila Zunaida Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13519

Keywords:

Pengembangan, Media Padina, Penyajian Data

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media padina materi penyajian data dalam bentuk diagram batang pada siswa kelas V SDN Bulusari 3. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian ini diketahui dari hasil validasi ahli media yaitu sebesar 90% dan validasi ahli materi yaitu sebesar 85,7%. Hasil kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dan respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran yang digunakan dengan memperoleh hasil kepraktisan guru yaitu sebesar 96% dan siswa sebesar 98,5%. Hasil keefektifan diperoleh melalui soal evaluasi yang diberikan kepada siswa kelas V dengan memperoleh rata-rata sebesar 86,4% sedangkan KKM kelas V adalah 70. Hasil ketuntasan klasikalnya yaitu sebesar 95,2%. Maka, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dan telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wiyani, N. A. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan.

Zulfikri. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Statistik Terhadap Kemampuan Analisa Data Kuantitatif Mahasiswa Prodi S-1 Ilmu Perpustakaan Angkatan 2011-2012 Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. Libria, 8(1), 111–128. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/libria/article/view/1229

Downloads

Published

2024-05-06